Selama tahun 2023, Sistem Pengelolaan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) yang diawasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) berhasil mencatat 2,2 juta laporan dari masyarakat.
Herman, Plt Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB, menyatakan bahwa hasil survei kepuasan pengguna menunjukkan tingkat kepuasan sebesar 73,7 persen, dengan 84 persen pengguna berencana untuk terus menggunakan layanan tersebut.
Herman menekankan bahwa jumlah laporan yang signifikan mencerminkan tingginya partisipasi masyarakat dan menegaskan keberhasilan SP4N LAPOR! dalam menyediakan respon yang cepat dan terukur terhadap berbagai keluhan, termasuk ketertiban, keamanan, administrasi kependudukan, dan masalah kesehatan.
Yanuar Ahmad, Asdep Transformasi Digital Pelayanan Publik, menambahkan bahwa generasi milenial dan generasi Z, dengan rentang usia 17 hingga 35 tahun, mendominasi pengguna SP4N LAPOR!.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI