Pesta memiliki banyak pengertian dan persepsi di mata masyarakat Indonesia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sendiri, pesta adalah perjamuan makan-minum atau perayaan sesuatu dengan bersuka ria dalam sebuah keramaian. Namun, bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, pesta memiliki arti tersendiri.
Departemen Seni, Budaya, dan Olahraga BEM Kema Fikom Unpad menyelenggarakan sebuah program kerja yang menjadi wadah bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi untuk bertanding dalam berbagai bidang, seperti bidang seni, komunikasi, dan olahraga. Tak hanya itu, program kerja ini juga mengangkat budaya Indonesia di lingkungan Fikom Unpad. Program kerja ini bernama Pesta Rakyat Komunikasi.
Sejarah Pesta Rakyat Komunikasi
Pesta Rakyat Komunikasi sudah diadakan di Fakultas Ilmu Komunikasi sejak tahun 2017. Sebelum memakai nama Pesta Rakyat Komunikasi--biasa disingkat Perak--program kerja ini berganti-ganti nama. Pada awal mula hadirnya program kerja ini, nama yang digunakan adalah Fikompetition. Lalu berinovasi menjadi Fiktori, singkatan dari Fikom Tanding Olahraga dan Seni pada tahun 2018.
Setelah Fiktori, nama program kerja ini kembali berganti menjadi OPAC Fikom 2019. Dan pada tahun 2020, nama program ini kembali berganti menjadi Fasco yang merupakan singkatan dari Festival Arts and Sports of Communication. Sayangnya, karena pandemi Covid-19, Fasco terpaksa dibatalkan dan program kerja ini vakum selama setahun lamanya.
Hingga akhirnya, nama Pesta Rakyat Komunikasi muncul pada tahun 2021 dan dilaksanakan secara daring. Sejak 2021 hingga 2024 ini, nama Pesta Rakyat Komunikasi paten digunakan untuk program kerja ini. Pada tahun 2022, memasuki masa New Normal, segala kegiatan di Indonesia mulai bertransformasi dan beradaptasi dari daring ke luring. Begitu pula dengan Perak 2022.
Rangkaian Kegiatan Pesta Rakyat Komunikasi
Dasar dari Perak sendiri adalah membuat sebuah wadah pengembangan minat dan bakat bagi Kema Fikom Unpad dengan menyelenggarakan kompetisi dalam bidang seni, komunikasi, serta olahraga. Tak hanya itu, Perak juga sebuah wadah untuk menjalankan internalisasi kebudayaan dengan rangkaian acara yang dilaksanakan.
Sejak 2022, Pesta Rakyat Komunikasi dibagi menjadi empat rangkaian acara selama rentang waktu yang ditentukan. Biasanya, Perak marak pada kuartal ketiga dan keempat tahun pelaksanaannya. Persiapan Perak dilakukan pada bulan Mei hingga Juli, dan perlombaan dilaksanakan saat memasuki semester ganjil kuliah.
Empat rangkaian acara dalam Perak meliputi pre-event, opening, main event, dan closing yang meliputi awarding night. Pre-event merupakan sebuah rangkaian paling awal yang dilakukan untuk memberikan awareness kepada mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi bahwa Perak telah kembali dan akan dilaksanakan pada tahun tersebut.
Selama dua tahun terakhir, pre-event Pesta Rakyat Komunikasi berbentuk sebuah campaign berbatik dan berkain yang diberikan tagar #FikomBerkain. Pada tahun 2023, rangkaian pre-event dimewahkan dengan adanya sebuah rangkain yang juga membawa photobooth, live music, dan tenant-tenant makanan yang berjualan selama satu hari.