Mohon tunggu...
Fadhilah Hidayati Islami
Fadhilah Hidayati Islami Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru

Seorang mahasiswa PPG Prajabatan Pendidikan Fisika yang memiliki keinginan untuk terus belajar menjadi guru yang profesional.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pemanfaatan Media Digital: Blooket sebagai Game Edukasi untuk Meningkatkan Minat Belajar

2 November 2024   15:30 Diperbarui: 2 November 2024   15:57 138
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tampilan Blooket (Blooket.com)

Pembelajaran di era digital seperti sekarang ini telah berkembang dengan pesat. Penggunaan berbagai media pembelajaran berbasis digital sudah marak digunakan di kalangan para pendidik. Adapun tujuan penggunaan media digital pada pembelajaran adalah untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar dari peserta didik.

Pada hari Kamis, 24 Oktober 2024 telah diterapkan pemanfaatan media digital yang berupa game edukasi menggunakan salah satu platform online bernama Blooket di kelas X-B SMAN 1 Cileunyi, Kab. Bandung, Jawa Barat. Fadhilah Hidayati Islami, S.Pd, sebagai salah satu mahasiswa Pendidikan Profesi Guru memanfaatkan website Blooket dalam pembelajaran fisika pada materi angka penting. Blooket merupakan platform online yang menyediakan berbagai mode game berupa kuis yang dapat diberikan kepada peserta didik. Fadhilah menggunakan Blooket untuk melihat tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi angka penting yang telah dipelajari.

Peserta didik mengisi nama tim
Peserta didik mengisi nama tim

Kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan media digital ini diawali dengan penginputan nama tim yang terdiri dari 2 orang peserta didik di setiap timnya. Terdapat 14 tim dalam kelas X-B. Untuk menggunakan Blooket, diperlukan koneksi internet yang cepat dan stabil, baik bagi guru sebagai host maupun peserta didik sebagai pemain.

Peserta didik mengerjakan soal
Peserta didik mengerjakan soal

Pembelajaran dilanjutkan dengan pengerjaan soal oleh peserta didik. Terdapat 14 soal terkait angka penting yang diberikan kepada peserta didik. Durasi pengerjaan untuk setiap soal adalah 30 detik. Pada proses pengerjaan soal, dibutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam menjawab soal. Hal ini dikarenakan Fadhilah menggunakan mode Battle Royal, di mana peserta didik akan bertanding dengan lawannya dalam waktu dan ketepatan jawaban. 

Pengumuman pemenang 
Pengumuman pemenang 

Permainan berlangsung selama 15 menit, dan didapatkan 3 besar pemenang game kali ini. Proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan peserta didik antusias dalam menjawab soal-soal yang diberikan. Hal ini sesuai dengan komentar-komentar dari peserta didik. "Gamenya seru, rame, tegang, tapi bikin pengen main lagi. Jadi enak nginget materinya, semoga nanti ada lagi," ungkap salah satu peserta didik. "Gamenya seru, rame banget, semoga nanti jadi the winner," tambah peserta didik lainnya. 

Kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan media digital berupa game edukasi terbukti meningkatkan keaktifan dan minat belajar peserta didik. Melalui Blooket, guru dapat mengemas pembelajaran dengan kreatif dan inovatif, sehingga peserta didik dapat menggunakan pengetahuannya selama pembelajaran ketika mengerjakan soal. Selain itu, dunia pendidikan harus dinamis sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini sesuai dengan dasar pendidikan dari Ki Hadjar Dewantara, yaitu membimbing anak sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Guru sebagai pendidik hendaknya mampu menuntun peserta didik agar dapat berkembang sesuai dengan kodratnya dan mencapai kebahagiaan dan keselamatan dalam hidupnya.

"Saya ingin menjadi guru yang dapat membimbing peserta didik sesuai kodratnya, dan dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna, sehingga peserta didik tidak akan lupa dengan pengalaman belajarnya. Ternyata, melalui media digital, minat belajar peserta didik meningkat, dan saya sangat merekomendasikan untuk memanfaatkan media digital dalam pembelajaran," ujar Fadhilah di akhir pembelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun