Mohon tunggu...
Fadhilah Fahmi
Fadhilah Fahmi Mohon Tunggu... Guru - mahasiswi dan guru

anak pendidikan, suka kejujuran, dalam kondisi batas wajar, tumbuh menjadi penulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Arab dan Inggris di SDN Dawung Melalui Program Ekstrakurikuler

25 Maret 2024   23:20 Diperbarui: 26 Maret 2024   01:18 89
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembelajaran tematik adalah pendekatan pengajaran yang efektif dalam pembelajaran bahasa Arab dan Inggris, memungkinkan siswa mempelajari kosa kata, tata bahasa, dan konteks budaya dalam kerangka kerja yang koheren. Melalui strategi pembelajaran ini, keterlibatan dan motivasi siswa dapat meningkat dengan membuat pelajaran menjadi lebih relevan dan dapat diterapkan pada situasi nyata.

Penerapan program ekstrakurikuler di SDN Dawung 2 dirancang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab dan Inggris, dengan memanfaatkan potensi pembelajaran tematik. Program ini tidak hanya berfokus pada peningkatan kemampuan bahasa tetapi juga mendukung pengembangan pemikiran kritis dan keterampilan pemecahan masalah siswa.

Konsep Pembelajaran Tematik

Pembelajaran Tematik adalah pendekatan inovatif yang mengintegrasikan beberapa mata pelajaran di bawah satu tema, memungkinkan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa. Pendekatan ini, yang telah diterapkan dalam kurikulum Indonesia sejak 2013, memfasilitasi pemahaman dan memperdalam pengetahuan konsep dalam satu tema, meningkatkan fokus siswa, dan mempromosikan pemahaman yang lebih baik terhadap berbagai mata pelajaran. Berikut adalah beberapa poin penting mengenai Pembelajaran Tematik:

  1. Komponen Utama:

    • Fungsi dan Tujuan: Meningkatkan pemahaman siswa melalui pengalaman belajar yang terintegrasi.
    • Manfaat: Membuat pengalaman belajar lebih relevan, disesuaikan dengan kemampuan siswa, lebih berkesan, mendorong pemikiran kritis, dan mengembangkan keterampilan sosial.
  2. Karakteristik: Pembelajaran yang berpusat pada siswa, mendorong partisipasi aktif dan penemuan.
  3. Prinsip Pembelajaran Tematik:

    • Pembelajaran aktif dan diskusi berbasis tema.
    • Penggunaan sumber daya yang beragam.
    • Pembelajaran mandiri dan kelompok.
  4. Rencana pelajaran yang disesuaikan, pengalaman dunia nyata .
  5. Tantangan dan Strategi:
  6. Tantangan: Menemukan koneksi antar mata pelajaran dalam satu tema dan merancang pembelajaran tematik yang komprehensif.
  7. Strategi: Menciptakan jaringan tematik, merancang skenario yang sesuai, kolaborasi antar guru melalui pengajaran tim dan KKG untuk memperkuat keterampilan mengajar, belajar, dan evaluasi.

Pendekatan Pembelajaran Tematik ini tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab dan Inggris tetapi juga mempersiapkan siswa dengan keterampilan yang diperlukan untuk masa depan mereka.

Implementasi Program Ekstrakurikuler

Implementasi program ekstrakurikuler di SDN Dawung 2 menitikberatkan pada pengembangan bakat dan minat siswa melalui kegiatan yang dilaksanakan di luar jam pelajaran reguler. Kegiatan ini dirancang untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan kepemimpinan, manajemen waktu, dan membangun hubungan positif. Berikut adalah beberapa aspek penting dalam implementasi program ekstrakurikuler:

  1. Peran Penting Sekolah, Orang Tua, dan Guru:

    • Sekolah menyediakan kebijakan dan fasilitas.
    • Guru dan instruktur menyiapkan materi serta alat.
  2. Orang tua berkolaborasi dalam penyediaan sumber daya.
  3. Kategori Kegiatan Ekstrakurikuler:

    • Olahraga dan seni bela diri.
    • Akademik dan penelitian.
    • Pengembangan bakat dan hobi.
  4. Kegiatan keagamaan.
  5. Tantangan dan Solusi:

    • Mengatasi tantangan seperti keterbatasan sumber daya, kendala waktu, dan standarisasi kegiatan.
    • Manajemen program yang efektif melalui perencanaan dan eksekusi yang baik oleh kepala sekolah dengan dukungan guru, instruktur, dan orang tua 

Kegiatan ekstrakurikuler di SDN Dawung 2 tidak hanya fokus pada peningkatan kemampuan akademik siswa tetapi juga pada pengembangan keterampilan sosial dan kepemimpinan yang akan bermanfaat bagi masa depan mereka 

Manfaat Pembelajaran Tematik dalam Bahasa Arab dan Inggris

Pembelajaran tematik dalam pendidikan bahasa Arab menawarkan berbagai manfaat yang signifikan bagi siswa, yang meliputi:

  • Pengalaman Belajar yang Terintegrasi: Fokus pada siswa dengan menyediakan pengalaman langsung, mengintegrasikan keterampilan bahasa dalam satu topik, dan menyesuaikan dengan minat serta kebutuhan peserta didik, membuat pembelajaran bahasa Arab lebih fleksibel dan efisien
  • Pengembangan Keterampilan Kritis dan Sosial: Meningkatkan pemahaman konseptual, mendorong pemikiran kritis, dan mempromosikan keterampilan sosial seperti kerjasama, komunikasi, dan mendengarkan aktif 
  • Efisiensi Waktu dan Pemahaman Mendalam: Menghemat waktu dengan mengintegrasikan beberapa keterampilan bahasa ke dalam satu tema, sekaligus memberikan pemahaman yang mendalam dan efektif terhadap subjek 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun