Mohon tunggu...
Fadhiil Arjuna Putra
Fadhiil Arjuna Putra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa 23107030048 Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Ngapak People

Selanjutnya

Tutup

Bola

Siapakah The Real "GOAT" Sesungguhnya dalam Sepakbola?

30 Mei 2024   18:30 Diperbarui: 30 Mei 2024   19:11 285
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: startingeleven.id

Istilah "GOAT" dalam olahraga sering kali merujuk pada atlet yang dianggap sebagai "Greatest of All Time" atau "Terhebat Sepanjang Masa". Di dunia sepakbola, diskusi tentang siapa yang pantas menyandang gelar ini terus berlanjut, dengan dua nama yang paling sering muncul adalah Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Namun, untuk memahami konteks dan perdebatan ini, kita harus melihat lebih dalam pada prestasi dan kontribusi masing-masing pemain, serta mempertimbangkan tokoh-tokoh legendaris lainnya yang telah membentuk sejarah sepakbola. Jadi apa arti dari GOAT dan siapakah GOAT sepakbola sesungguhnya?

Apa arti GOAT?

GOAT (atau G.O.A.T.) adalah akronim yang berarti 'terhebat sepanjang masa'. Ini adalah label yang diperuntukkan bagi individu yang dianggap sebagai master tak terbantahkan dalam olahraga mereka. Selain bakat yang luar biasa, untuk dapat dianggap sebagai GOAT, individu juga harus mempertahankan tingkat pencapaian yang tinggi secara konsisten.

Meskipun sudah digunakan sejak lama, istilah ini dipopulerkan pada abad ke-20 oleh juara tinju kelas berat Muhammad Ali, yang pada tahun 1964 mendeklarasikan dirinya sebagai "yang terhebat" setelah mengalahkan Sonny Liston. Istilah ini kemudian menjadi julukan bagi Ali sepanjang kariernya dan ia terkenal menggunakan kembali slogan tersebut setelah mengalahkan George Foreman melalui KO, di luar dugaan, pada tahun 1974.

"Semua orang berhenti bicara sekarang. Perhatian! Saya sudah bilang, semua pengkritik saya, saya sudah bilang kepada Anda semua bahwa saya adalah yang terhebat sepanjang masa saat saya mengalahkan Sonny Liston," kata Ali setelah pertarungan yang dijuluki 'Rumble in the Jungle'

"Saya katakan hari ini, saya masih yang terhebat sepanjang masa. Jangan pernah lagi mengalahkan saya. Jangan pernah lagi mengatakan bahwa saya akan dikalahkan. Jangan pernah lagi menjadikan saya sebagai underdog sampai saya berusia 50 tahun. Maka Anda mungkin akan mendapatkan saya."

Seperti namanya, GOAT tidak hanya dianggap lebih baik dari semua pemain semasanya, tetapi juga lebih baik dari semua orang yang telah mendahuluinya.

Siapakah GOAT dalam sepak bola?

Ketika berbicara tentang pemain sepak bola terhebat sepanjang masa, ada dua nama yang mendominasi perdebatan: Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Kedua legenda hidup ini telah memecahkan rekor dan mendorong batas-batas pencapaian manusia dalam olahraga ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun