A. Penjelasan Umum
  UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) merupakan salah satu tulang punggung perekonomian di Indonesia. Salah satu contoh UMKM yaitu 3G Refill Perfume, UMKM tersebut bergerak pada bidang produksi dan penjualan parfum. UMKM tersebut berdiri sejak 2019 di Indramayu, namun kini UMKM tersebut sudah pindah ke Kota Bandung dan memiliki dua cabang. Dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat, diperlukan promosi yang baik untuk memperluas jangkauan pasar.
B. Penjelasan Promosi UMKM
  3G Refill Perfume saat ini masih berfokus kepada promosi secara offline, seperti memberikan pengalaman secara langsung kepada pelanggan dengan mencoba produknya. Promosi secara offline cukup efektif karena 90% pelanggan merasa puas dengan produk tersebut dan banyak dari mereka datang kembali.
  Namun, saat ini di era serba digital, promosi secara online juga menjadi sebuah kebutuhan. UMKM 3G Refill Perfume telah memanfaatkan platform digital seperti TikTok untuk mempromosikan produknya, namun pelaksanaannya masih mengalami keterbatasan karena kurangnya tenaga ahli yang dapat mengelola media sosial UMKM tersebut secara konsisten.
C. Tantangan Dalam Promosi UMKM
Adapun beberapa tantangan yang utama yang dihadapi oleh UMKM 3G Refill Perfume yaitu:
1. Kurangnya Tenaga Ahli, kurangnya tenaga ahli yang berkompeten dalam mengelola media sosial dapat menjadi penghambat dalam memperluas jangkauan pasar.
2. Fokus Hanya Pada Offline, meskipun promosi secara offline efektif, hal ini dapat membatasi jangkauan pasar yang lebih luas.
D. Rekomendasi Dalam Promosi UMKM
Berikut rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas promosi UMKM 3G Refill Perfume yaitu: