kegiatan magang (Dokpri)       Sebelum masa pendidikan di jenjang perguruan tinggi berakhir, dibutuhkan sekali pelaksanaan kegiatan mata kuliah magang bagi mahasiswa. Magang sendiri merupakan sebuah kegiatan akademik intrakurikuler yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme mahasiswa dengan apa yang sudah didapatkan selama masa-masa perkuliahan. Setelah menyelesaiakan semua mata kuliah yang sudah diambil selama tujuh (7) semester, dan sebelum memasuki dunia kerja mahasiswa diharapkan bisa mengaplikasikan teori-teori yang telah dipelajari dan dipahami sebagai bagian dari proses pembelajaran yang telah di terapkan selama masa pendidikan di kampus. Terlepas juga menjadi satu syarat kelulusan bagi mahasiswa, magang itu sendiri memberikan pengalaman yang cukup berarti bagi mahasiswa dalam mengenali dunia kerja lebih dalam. Dalam artikel ini juga menyebutkan strategi marketing public relations, apasih maksudnya ? Strategi Marketing public relation, sendiri merupakan adalah sebuah proses rancangan dari perpaduan sinergi antara pelaksanaan program dan strategi pemasaran (marketing strategy implementation) dengan aktivitas program kerja public relations(work program of PR) dalam upaya meluaskan pemasaran dan demi mencapai kepuasan konsumen (customer satisfaction)
      Pada artikel ini, kegiatan magang telah dilaksanakan oleh salah satu mahasiswa dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang selama dua bulan melangsungkan kegiatannya di PT. ICON+ SBU KALIMANTAN. Perusahaan ini sendiri merupakan perusahaan pendukung teknologi dan sistem informasi PT PLN (Persero) dan publik yang terfokus sebagai penyedia jaringan internet, jasa, dan konten telekomunikasi dengan media transmisinya adalah fiber optic. Pana pelaksanaan kegiatan magang mahasiswa melihat berbagai bentuk kegiatan dalam upaya strategi public relation yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Dalam meningkatkan penjualanya strategi marketing yang digunakan oleh perusahaan ini adalah mencoba lebih mendekatkan diri dengan konsumennya melalui beberapa kegiatan seperti ;
1. Kegiatan Acara bersama konsumen
Perusahaan ini mencoba menarik perhatian konsumennya dan mengenalkan produknya melalui kegiatan – kegiatan acara bersama seperti kunjungan ke lokasi, kegiatan buka bersama saat puasa, seminar dan lain lainnya
2. Pemberian dana sponsor
Perusahaan ini juga mencoba mempromosikan perusahaannya dengan mensponsori pertandingan olahraga dan acara budaya dan tujuan-tujuan yang baik dan dihargai
3. Penerbitan
perusahaan juga sangat mengandalkan bahan-bahan yang diterbitkan untuk menjangkau dan mempengaruhi pasar sasarannya. bahan-bahan ini mencakup; brosur, iklan, artikel, berita berkala, dan laporan tahunan
4. Pemasaran di lapangan
Perusahaan juga melaksanakan kegiatan pemasaran yang langsung terjun kelapangan guna menjangkau konsumennya dengan lebih dekat dan efektif. Sehingga di harap penyebaran produk dapat lebih akurat dan menyeluruh kepada konsumen lalu juga bisa mendapatkan feedback secara lebih akurat dari konsumen.