Belajar merupakan suatu kegiatan yang dapat merubah tingkah laku siswa dengan dibantu oleh stimulus yang diberikan oleh guru kemudian akan menghasilkan respon. Dalam proses belajar guru memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan stimulus untuk merangsang respon siswa yang positif mengenai informasi, konsep dan lain sebagainya pada saat pembelajaran. Stimulus yang diberikan oleh guru dapat berupa pembelajaran secara langsung ataupun tayangan audio visual, percakapan, tugas-tugas, dan lain sebagainya secara jelas dan terstruktur.Â
Siswa dapat menerapkan hasil belajarnya pada kehidupan sehari-hari sehingga dapat merubah tingkah laku mereka menjadi lebih terdidik dan terarah ke suatu hal positif. Guru harus mengontrol hasil belajar atau respon siswa saat belajar agar tetap di dalam tujuan pembelajaran yang diharapkan. Guru dapat mengevaluasi pemahaman siswa, keterampilan siswa dalam tugas proyek, diskusi kelompok dan tes-tes yang diberikan.Â
Dalam belajar perlu menggunakan media pembelajaran yang sesuai. Adapun pengertian media pembelajaran yaitu sesuatu yang dapat digunakan oleh pengajar untuk menunjang segala informasi dan materi yang disampaikan pada saat pembelajaran. Media pembelajaran ini berfungsi untuk menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan dan dapat meningkatkan minat belajar siswa serta dapat membuat suasana kelas menjadi lebih menyenangkan dan bermakna.Â
Dalam era digital, media pembelajaran juga dapat diakses secara fleksibel oleh siswa. Dengan perangkat gawai siswa dapat mengakses dimanapun dan kapanpun sesuai kebutuhan mereka. Media pembelajaran berbasis aplikasi darig ini juga dapat menggunakan metode pembelajaran yang menarik, salah satunya adalah metode diskusi kelompok.Â
Dengan menggunakan aplikasi daring ini siswa dapat berdiskusi bersama teman-temannya dimanapun dan pada waktu yang fleksibel. Diskusi kelompok secara daring ini juga dapat menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan menarik. Siswa dapat berdiskusi dengan kelompoknya secara berjauhan, sehingga menggunakan aplikasi daring ini sangat menunjang kebutuhan siswa dalam belajar.
Pada zaman sekarang banyak pengajar yang menggunakan media pembelajaran aplikasi daring. Media pembelajaran aplikasi daring ini merupakan media yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman sekarang yang serba canggih. Aplikasi daring ini memiliki banyak jenis yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran seperti aplikasi yang dapat mempublikasikan audio dan audio visual. Media sosial merupakan sarana dalam proses belajar bagi siswa. Dengan media pembelajaran online ini siswa dapat menggunakan fasilitas internet untuk mendapatkan dan menyampaikan informasi secara daring.Â
Aplikasi daring seperti ruang guru, zoom, google meet, quizizz, edmodo, dan lain sebagainya sangat bermafaat dan menunjang keberlangsungan pembelajaran agar dapat diterima oleh siswa dengan baik. Dalam media aplikasi daring ini juga dapat disisipkan permainan seperti pada aplikasi wordwall yang bisa menyajikan materi namun dalam bentuk permainan.Â
Hal tersebut dapat membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan dan interaktif. Aplikasi Instagram juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk membuat video presentasi ataupun video siswa dalam pembelajaran puisi, pidato dan lain sebagainya. Dari berbagai aplikasi daring yang menarik dan bermacam-macam itu tentunya tidak terlepas dari dampak positif dan negatif. Â Adapun dampak positif dan negatif dari media aplikasi daring ini yaitu:
A.Dampak positif
1.Media aplikasi daring ini praktis karena guru tidak perlu membawa berbagai macam alat cukup membawa gawai ataupun laptop. Dengan media aplikasi daring ini guru bisa menyimpan file pembelajaran dan berbagai bahan ajar di satu perangkat dan aplikasi saja, tidak perlu membawa alat peraga ataupun barang-barang yang banyak.
2.Materi yang disampaikan dapat diakses oleh siswa kapanpun dan dimanapun. Ketika menggunakan media berbasis aplikasi daring ini siswa dapat mengaksesnya saat bersantai di rumah, bermain, dan lain sebagainya sehingga.
3.Guru menjadi lebih kreatif dalam merancang pembelajaran. dengan media berbasis aplikasi daring ini guru dapat mengkreasi desain gambar, font, format bahan ajar dan lain sebagainya sehingg dapat menarik minat siswa untuk belajar.