Mohon tunggu...
evithasinaga
evithasinaga Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi saya membaca & menulis cerpen

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menggali Kearifan Lokal: Mahasiswa Semester 3 IAKN Tarutung Ciptakan Virtual Reality Berbasis Kardus

17 Desember 2024   11:32 Diperbarui: 17 Desember 2024   11:32 23
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hasil pembuatan VR oleh Mahasiswa semester 3 grup E 


    Di era digital yang semakin maju, inovasi tidak hanya datang dari teknologi tinggi, tetapi juga dari kearifan lokal yang kaya. Mahasiswa semester 3 Prodi PAK Grup E IAKN Tarutung telah mengambil langkah berani dengan menciptakan aplikasi Virtual Reality (VR) yang berbahan dasar kadus, sebuah bahan alami yang memiliki nilai budaya dan estetika.                Dengan memanfaatkan bahan yang ada dan pastinya berguna dan sangat membantu dalam pembuatan VR ini, mahasiswa IAKN Tarutung Prodi PAK Grup E inipun berhasil menunjukkan hasil VR mereka pada selasa, 17 Desember 2024.


      Mahasiswa semester 3 IAKN Tarutung mengembangkan aplikasi VR yang menampilkan proses pembuatan kerajinan tangan dari kadus. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk merasakan pengalaman interaktif dalam membuat kerajinan kadus, mulai dari pengumpulan bahan hingga proses akhir. Dengan teknologi VR, pengguna dapat melihat dan memahami setiap langkah dengan cara yang menyenangkan dan mendidik.
     Proyek ini  dibuat oleh mahasiswa semester 3 Prodi PAk dengan berkelompok. Mereka bekerja sama dalam tim, memadukan keahlian masing-masing untuk menciptakan aplikasi yang menarik dan informatif. Dosen juga berperan sebagai pembimbing, memberikan arahan dan dukungan selama proses pengembangan. Dosen yang membimbing dalam pembuatan VR ini adalah Dr. Sandy Ariawan,  S.M.G, S.Pd.K, M.A, M.Pd.K.

     Pengembangan aplikasi VR ini dilakukan di ruang kelas Prodi PAK IAKN Tarutung. 

Proyek ini memiliki beberapa tujuan penting:

- Melestarikan Budaya Lokal: Dengan mengangkat kadus sebagai bahan dasar, mahasiswa berkontribusi dalam melestarikan kerajinan tradisional yang memiliki nilai budaya tinggi.

- Meningkatkan Kesadaran Lingkungan: Aplikasi ini juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menggunakan bahan alami dan ramah lingkungan dalam kerajinan.

- Mendorong Kreativitas dan Inovasi: Proyek ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan teknologi untuk tujuan pendidikan.

Mahasiswa semester 3 menunjukkan hasil VR berbahan dasar kardus yang cukup menarik
Mahasiswa semester 3 menunjukkan hasil VR berbahan dasar kardus yang cukup menarik

    Proyek pembuatan Virtual Reality berbahan dasar kadus oleh mahasiswa semester 3 IAKN Tarutung adalah contoh inspiratif bagaimana teknologi dapat digunakan untuk melestarikan kearifan lokal. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun