Beberapa kali saya temui pasien-pasien yang datang untuk kunjungan ulang maupun kunjungan pertama kali, mengalami beberapa kendala yang sedikit berarti dikarenakan lupa membawa beberapa dokumen.Â
Dokumen tersebut bahkan terkadang yang sifatnya wajib seperti untuk proses administrasi, atau tidak wajib namun dapat membantu memperlancar proses pemeriksaan yang dilakukan. Misalnya kartu asuransi kesehatan, surat resume pulang saat opname sebelumnya, hasil pemeriksaan penunjang yang telah dilakukan, dan lainnya.
Beberapa pasien juga terkadang kebingungan ingin menceritakan keluhannya karena keluhan yang dirasakan ada banyak. Mulai dari yang dirasakan sekarang, beberapa waktu yang lalu, yang dirasakan dulu, hingga dulu sekali. Berikut beberapa hal yang sebaiknya dipertimbangkan untuk dipersiapkan sebelum mengunjungi fasilitas kesehatan:
1. Kronologi dari keluhan penyakit.
Saat pasien datang ke dokter untuk pertama kali, yang akan ditanyakan dokter adalah keluhan utama, yaitu keluhan yang membawa pasien ke dokter. Pasien bisa datang ke dokter dengan beberapa keluhan secara bersamaan. Â Namun sebaiknya ceritakanlah keluhan satu persatu dimulai dari keluhan utama, yaitu yang paling berat dirasakan sehingga harus datang berobat, yang paling mengganggu aktivitas dan kualitas keseharian.Â
Dari keluhan utama ini dokter akan menggalinya dengan beberapa pertanyaan. Sebaiknya diingat kapan pertama kali keluhan ini dirasakan, apakah timbul mendadak atau perlahan memberat, adakah yang mempengaruhi berat-ringannya keluhan, karakteristik keluhan, dsb.
Setelah keluhan utama tergali, dokter akan bertanya mengenai keluhan tambahan atau keluhan lain yang dirasakan. Di sini kita boleh menyebutkan beberapa keluhan lain yang kita rasakan. Dari keluhan tambahan tersebut dokter akan menggali lagi dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Dokter akan menilai keluhan-keluhan tersebut berhubungan atau tidak untuk mengerucutkannya dan menegakkan sebuah diagnosis penyakit. Diagnosis ini masih memiliki beberapa kemungkinan, sehingga mungkin akan dilakukan pemeriksaan penunjang seperti laboratorium dan lainnya.
Sebaiknya diceritakan bila dulu pernah mengalami penyakit yang sama, jika pernah berobat atau dilakukan tindakan seperti operasi. Riwayat penyakit yang diderita seperti darah tinggi, kencing manis, atau penyakit lainnya juga diceritakan. Informasi jika keluarga pernah menderita riwayat penyakit yang sama atau pernah menderita penyakit lainnya  juga akan bernilai.
Apabila kunjungan ini adalah kunjungan ulang di tempat yang sama, akan terdapat rekam medis dari fasilitas kesehatan yang mencatat perjalanan penyakit pasien. Bila demikian, maka biasanya dokter tidak akan menggali dari awal lagi, dan hanya akan menanyakan keluhan yang dirasakan sekarang dan memeriksa perkembangan kesehatan pasien saja.
2. Obat yang sedang dikonsumsi belakangan ini.
Jika sedang mengonsumsi obat, baik itu dari pengobatan jangka panjang atau swamedikasi yang dibeli sendiri, cobalah mengingat nama obat atau karakteristik obat yang sedang  dikonsumsi tersebut. Jika hal tersebut menyulitkan, bawalah bungkus obat-obatan yang belakangan ini sedang dikonsumsi atau memang telah rutin dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Jika terdapat resep dari luar ketika sedang berobat, bawalah resep tersebut.Â