Mohon tunggu...
Evi Sholihati Istiqomah
Evi Sholihati Istiqomah Mohon Tunggu... Guru - Guru SMA

It doesn't have to be great to be special

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembelajaran Berdiferensiasi dan Implementasinya dalam Kelas

30 Agustus 2024   17:10 Diperbarui: 30 Agustus 2024   22:00 1146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pembelajaran Berdiferensiasi dan Implementasinya dalam Kelas

Pendahuluan

Sebagai seorang pendidik, perjalanan pembelajaran saya hingga saat ini dipenuhi dengan berbagai pengetahuan dan pengalaman yang memperkaya pemahaman saya tentang bagaimana memenuhi kebutuhan belajar murid secara efektif. Salah satu konsep yang sangat menarik perhatian saya adalah pembelajaran berdiferensiasi. Dalam refleksi ini, saya akan menyimpulkan apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi, bagaimana hal ini dapat diimplementasikan di kelas, serta bagaimana konsep ini dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal. Saya juga akan membahas kaitan antara materi pembelajaran berdiferensiasi dengan modul lain dalam Program Pendidikan Guru Penggerak.

Kesimpulan tentang Pembelajaran Berdiferensiasi

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan yang bertujuan untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan, minat, kesiapan, dan gaya belajar murid dalam proses pembelajaran. Pendekatan ini menekankan pada penyesuaian strategi pengajaran, materi, dan penilaian untuk memastikan bahwa setiap murid memiliki kesempatan yang sama untuk belajar dan berkembang, sesuai dengan potensinya masing-masing. Dalam pembelajaran berdiferensiasi, guru memainkan peran kunci sebagai fasilitator yang menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung keragaman murid.

Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas

Implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kelas dapat dilakukan melalui beberapa langkah:

  1. Pengelompokan Berdasarkan Kebutuhan dan Kesiapan: Guru dapat mengelompokkan murid berdasarkan tingkat kesiapan mereka terhadap materi tertentu. Ini memungkinkan murid untuk bekerja pada tingkat kesulitan yang sesuai dengan kemampuan mereka, sehingga tidak merasa terlalu terbebani atau terlalu mudah dengan materi yang diberikan.

  2. Penyesuaian Materi dan Metode Pengajaran: Guru dapat menyusun materi pelajaran yang bervariasi, mulai dari bahan yang lebih sederhana hingga yang lebih kompleks, tergantung pada kebutuhan murid. Selain itu, metode pengajaran juga dapat disesuaikan, seperti menggunakan visual, audio, atau kinestetik, untuk menjangkau berbagai gaya belajar murid.

  3. Pilihan dalam Penilaian: Guru dapat menawarkan berbagai pilihan bagi murid untuk menunjukkan pemahaman mereka, misalnya melalui proyek, presentasi, tulisan, atau tes. Dengan memberikan pilihan, murid dapat memilih cara yang paling sesuai dengan kekuatan mereka untuk mengekspresikan pemahaman mereka.

Berikut adalah tiga strategi pembelajaran diferensiasi:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun