Mohon tunggu...
Evi Nur Rohmah
Evi Nur Rohmah Mohon Tunggu... Jurnalis - mahasiswa S1 pendidikan di Malang

berusaha sekuat tenaga lalu berdoa meminta keridhoan-Nya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Brainstorming Dalam Bahasa Arab

5 September 2019   21:08 Diperbarui: 5 Oktober 2019   14:08 64
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bagaimana pendapatmu tentang belajar bahasa arab? Apakah sulit? Atau membosankan?

Pembelajaran bahasa dibutuhkan agar seseorang dapat berkomunikasi dengan sesamanya baik berupa lisan maupun tulisan. Ada beberapa pelajaran kebahasaan yang resmi diterapkan di sekolah di Indonesia, salah satunya adalah bahasa arab.

Dalam penerapannya, pembelajaran bahasa asing tidaklah mudah karena memiliki karakteristik yang berbeda dengan bahasa yang sering digunakan orang-orang sekitar. 

Agar pembelajaran bahasa arab menjadi mudah dan dapat dipahami oleh siswa, para guru berusaha untuk menerapkan berbagai metode dan strategi yang menarik, salah satunya adalah dengan menyisipkan permainan kebahasaan seperti metode braistorming.

Menurut ensiklopedia, brainstorming adalah suatu metode memaparkan ide-ide dalam sebuah kelompok untuk menyelesaikan masalah. Metode ini merupakan proses yang kreatif dan efektif yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan masalah.

Siswa boleh memaparkan ide apapun sehingga dalam permainan ini keaktifan dan kerja tim menjadi lebih baik. Adapun contoh permainan menggunakan metode brainstorming dalam pembelajaran bahasa arab adalah 'tebak gambar', 'tebak peran' dan lain sebagainya.

Permainan dengan metode brainstorming sangat efektif dalam pembelajaran bahasa arab. Siswa akan tergerak untuk aktif dan menerka-nerka penyelesaian dari suatu masalah. Guru bebas memilih jenis brainstorming yang digunakan.

Sebagai contoh brainwriting; siswa dapat mengemukakan ide mereka dengan tertulis. Selain itu ada role storming; siswa dilibatkan dalam proses improvisasi peran yang dimainkan. Peran ini berupa tebakan kegiatan atau nama benda dan siswa lainnya akan menebak apa maksud dari peran tersebut.

Permainan dengan metode brainstorming sangat cocok digunakan untuk siswa tingkat menengah ke atas. Dengan pengetahuan yang hampir sempurna, tidak heran jika mereka mulai merasa penasaran dan tertarik dengan hal baru.

Permainan ini juga melatih siswa untuk toleransi terhadap sesama, baik dengan menyetujuinya ataupun menyanggah dengan ide yang lebih cemerlang. Guru juga sebagai fasilitator kelas dapat menumbuhkan kerja sama antar kelompok agar terjadi komunikasi yang baik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun