Wonogiri (17/08/2024), Setiap hari, masyarakat tidak terlepas dari pelayanan yang disediakan oleh desa, mulai dari Adminduk, Akses Kesehatan, hingga Pendidikan. Pelayanan yang berkualitas dapat berperan dalam memenuhi kebutuhan dasar dengan memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan, dibutuhkan pemahaman proses pelayanan yang benar sebagai kunci untuk menunjang kualitas pelayanan publik dan mendorong keterlibatan aktif masyarakat dalam pembangunan desa. Program ini sejalan dengan Collaborative Governance dimana tata kelola pemerintahan yang baik terutama pada bidang pelayanan publik yaitu adanya kolaborasi antar lembaga, termasuk pemerintah, NGOs, organisasi private, akademisi (Mahasiswa KKN UNISRI), dan media.
Infografis adalah salah satu media untuk memvisualisasikan informasi yang rumit menjadi lebih sederhana dan mudah diingat. Alur pelayanan mengenai tahapan pelayanan dan berbagai jenis layanan yang tersedia di Desa Waru dapat lebih menarik dan mudah dipahami dengan adanya Infografis. Masyarakat dapat memperoleh gambaran yang jelas dan menyeluruh bagaimana proses pelayanan yang diberikan oleh Desa Waru, sehingga memudahkan dalam mengikuti prosedur yang diperlukan dan dapat mengakses layanan yang tersedia dengan lebih efisien.
Program ini dilaksanakan melalui pendataan, pengolahan data, pembuatan desain banner, dilanjutkan dengan penyerahan Y-banner kepada Kepala Desa Waru dan perangkat desa, serta pemasangan Y-banner di kantor Desa Waru.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H