Mohon tunggu...
Evin
Evin Mohon Tunggu... Tutor - Writer

Tertarik pada konten yang menarik

Selanjutnya

Tutup

Artificial intelligence

Peran Artificial Intelligence (AI) dalam Dunia Bisnis, Membantu atau Mencuri Pekerjaan?

29 September 2024   08:00 Diperbarui: 29 September 2024   08:05 26
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dunia bisnis Indonesia lagi diramaikan sama teknologi kecerdasan buatan, atau Artificial Intelligence (AI).  Denger-dengernya sih katanya AI bisa ngubah gimana perusahaan beroperasi, tapi pertanyaannya, emang bener segitu hebatnya? 

Pernah nggak kepikiran kalau data yang numpuk di komputer kantor bisa diolah jadi sesuatu yang berguna? AI jawabannya! Teknologi ini jago nganalisa data dalam jumlah besar dan nyari pola tersembunyi.

Bayangin aja, tugas-tugas repetitif kayak entri data atau bales email pelanggan bisa dikerjain sama AI. Ini ngebantu ngelepasin karyawan dari rutinitas dan ngalihin fokus mereka ke pekerjaan yang lebih strategis.

Analisa pasar pun bisa lebih akurat. Pusing ngeliatin tumpukan laporan penjualan? AI bisa nganalisa data penjualan dan ngasih tau pola perilaku konsumen. Dengan informasi ini, perusahaan bisa bikin strategi marketing yang lebih tepat sasaran.

AI bahkan bisa ngendus pola transaksi yang mencurigakan dan ngasih peringatan dini ke tim keamanan. Ini ngebantu perusahaan ngurangin kerugian akibat penipuan keuangan.

Teknologi ini juga mampu melayani pelanggan dengan cepat.

Pernah kesal karena layanan konsumen yang lama dan gak ngerti kebutuhan kita?  AI bisa ngubah itu semua. Gimana caranya?

Chatbot Cerdas yang menggunakan AI bisa ngelayanin pelanggan 24/7 dan ngasih jawaban yang akurat dan sesuai sama pertanyaan. Ini ngebantu ngurangin beban kerja tim customer service.

Rekomendasi Produk yang Tepat. AI bisa nganalisa riwayat belanja pelanggan dan ngasih rekomendasi produk yang sesuai sama kebutuhan mereka. Ini membantu ngingetin pembeli untuk beli produk yang mereka butuhkan dan ngebantu ngingetin perusahaan untuk ngeluarin produk yang diminati konsumen.

AI bisa menganalisa obrolan di medsos dan kasih tau perusahaan tentang sentimen pelanggan terhadap produk atau layanan mereka. Dengan informasi ini, perusahaan bisa ngambil tindakan perbaikan untuk ngeningkatin kepuasan pelanggan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Artificial intelligence Selengkapnya
Lihat Artificial intelligence Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun