KKN BTV III UNEJ 2021 Peningkatan Karakter Siswa Melalui Pengaktifan Kembali Ruang Baca Di MI Muhammadiyah 02 Cakru
Oleh Evi Minarsih (181910501038)
Karakter merupakan salah satu hal yang melekat pada diri seseorang. Karakter bisa dibentuk dan dirubah. Karakter dapat dibentuk melalui orang terdekat, salah satu orang pertama yang mendidik karakter siswa adalah orang tua. Tidak hanya itu pendidikan karakter juga dibentuk dari sekolah mereka menuntut ilmu.Â
Selain itu pendidikan karakter dibentuk melalui akademik maupun non akademik. Seiring berkembangnya teknologi digital perkembangan karakter siswa dibentuk melalui teknologi dan orang tua. Saat ini siswa lebih banyak menghabiskan waktu didepan layah handphone dibandingkan interaksi dengan orang lain.Â
Siswa cenderung pasif saat disekolah dan aktif saat di media online. Tidak hanya itu, siswa seringkali mengabaikan kewajiban sebagai seorang murid yaitu belajar. Dari beberapa wawancara yang sudah dilakuakan siswa lebih memilih bermain hp dibandingkan belajar dan membaca buku karena menurut mereka membaca itu membosankan.Â
Untuk itu perlu adanya inovasi dan fasilitas pendukung untuk menciptakan karakter siswa yaitu sebagai seorang murid yang memiliki semangat belajar, membaca dan menuntut ilmu salah satunya yaitu ruang baca.
Ruang baca merupakan salah satu fasilitas pendukung yang terdapat disetiap sekolah. Ruang baca perlu adanya pengelolaan baik dari perseorangan maupun lembaga pendidikan. Salah satunya yaitu melalui Mahasiswa KKN BTV II UNEJ 2021 yang mengambil tema literasi desa pada masa pandemic covid-19.
KKN dilakukan didesa masing-masing untuk terjun langsung di masyarakat. Mahasiswa memilih mitra yaitu MI Muhammadiyah 02 Cakru. MI Muhammadiyah 02 cakru merupakan salah satu sekolah swasta yang sudah memiliki akreditasi A. Prestasi di sekolah ini cukup membanggakan di kanca nasional. Dengan akreditasi tersebut layak untuk memiliki fasilitas pendukung sepeerti ruang baca. Kondisi saaat ini ruang baca di MI Muhammadiyah masih belum aktif.
Salah satu program yang dicetuskan oleh mahasiswa yaitu PPKM (Peningkatan Pendidikan Karakter Murid) pada masa pandemic covid-19 yang salah satukegiatannya adalah pengaktifan kembali ruang baca.Â
Mahasiswa melakukan beberapa kegiatan untuk mengaktifkan kembali ruang baca yaitu dengan membersihkan dan memilah buku yang masih layak digunakan, mengajak siswa untuk ikut membersihkan buku agar mereka memiliki rasa tanggungjawab yang lebih dalam membaca ruang baca nantinya.Â