Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan pada masyarakat menjadi salah satu hal yang harus terus diupayakan agar dapat tercipta suatu tatanan hidup masyarakat yang sehat. Upaya tersebut pastinya membutuhkan peran aktif dan kolaborasi yang baik antara pemerintah, pemberi pelayanan kesehatan, dan masyarakat. Hal tersebut pastinya tidak terlepas dari peran penting administrator kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sehingga akan tercipta suatu sistem pelayanan kesehatan yang lebih responsif dan efisien. Administrasi layanan kesehatan merupakan suatu bidang yang dinamis karena menggabungkan berbagai elemen dari berbagai disiplin ilmu professional. Sinergi pelayanan kesehatan yang responsif dan efisien menjadi tujuan utama dalam suatu sistem pelayanan kesehatan yang mampu mengatasi berbagai macam tantangan baik dari segi sumber daya manusia, pendanaan, infrastruktur, maupun distribusi pelayanan kesehatan yang diberikan.Â
Sinergi administrasi kesehatan dalam pengimplementasian kebijakan kesehatan nasional merujuk pada pengelolaan, koordinasi, serta pelayanan kebijakan. Pentingnya sinergi administrasi kebijakan ini terletak pada pemberian pelayanan yang efektif untuk masyarakat sehingga masyarakat merasa lebih muda dalam melakukan pemeriksaan kesehatan. Administrator kesehatan yang baik dan sinergis harus dapat memberikan akses kemudahan layanan kesehatan untuk masyarakat dengan berbagai cara dan sistem yang telah diperbarui. Permasalahan yang sering kali muncul dalam masyarakat terkait dengan pembaharuan sistem pelayanan serta kebijakan kesehatan yang belum sepenuhnya berlandaskan pada data yang menyeluruh dimana hal tersebut membutuhkan peran aktif dari seorang administrator pelayanan kesehatan.Â
Peran yang diberikan oleh administrator kesehatan sangat penting untuk bisa mengatasi permasalahan yang ada dalam pemberian pelayanan kesehatan untuk masyarakat sehingga akan terwujud sistem kesehatan yang efisien dan efektif. Peran administrator kesehatan diantaranya adalah pengelolaan sumber daya, perencanaan program kesehatan, pengaturan kebijakan, manajemen informasi, pengawasan dan evaluasi, dan pemberian pelayanan kesehatan. Mereka harus dapat melakukan pengelolaan data dan informasi terkait dengan pasien atau masyarakat yang hendak melakukan pemeriksaan. Tanggung jawab dan tugas dari seorang administrator layanan kesehatan akan sangat bergantung pada banyak faktor mulai dari ukuran fasilitas, jenis fasilitas yang ada, dan ruang lingkup pekerjaan dimana hal ini menjadi langkah awal untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Dari hal tersebut dapat dikatakan bahwasannya, administrator kesehatan berperan secara aktif dalam melakukan koordinasi terkait dengan pengelolaan data dan informasi dari masyarakat.Â
Dengan demikian, administrator kesehatan merupakan tanggung jawab yang sangat krusial karena menyimpan serta melakukan pengelolaan data dan informasi pasien. Kesalahan kecil yang ada pastinaya akan berdampak pada pemberian pelayanan kesehatan atau medis kepada pasien nantinya. Oleh karena itu, administrator kesehatan menjadi salah satu hal yang sangat berperan penting dalam kelangsungan pemberian pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien kepada masyarakat. Selain itu juga, administrator layanan kesehatan dapat membantu dokter, perawat, serta penyedia layanan kesehatan lainnya untuk lebih berfokus dalam memeberikan layanan yang berkualitas kepada pasien tanpa harus memikirkan ataupun mengkhawatirkan fungsi nonklinis dan data-data dari pasien. Hal tersebut menjadi salah satu bentuk sinergi yang baik untuk administrator layanan kesehatan dalam pengimplementasian kebijakan kesehatan nasional yang tepat untuk pemberdayaan masyarakat.
DAFTAR PUSTAKA
National University. 2024. The Role of Health Administrators and How to Become One. https://www.nu.edu/blog/the-roles-of-healthcare-administrators/ [online]. (diakses tanggal 17 November 2024).
PARK UNIVERSITY. 2024. Healthcare Administration: Skills, Responsibilities, Certifications and More. https://www.park.edu/blog/healthcare-administration-skills-responsibilities-certifications-and-more/ [online]. (diakses tanggal 7 November 2024).
Tera Medik. 2022. 7 Masalah Pelayanan Kesehatan di Indonesia Menurut Kemenkes. https://teramedik.com/cenews/2022/11/14/7-masalah-pelayanan-kesehatan-di-indonesia-menurut-kemenkes/ [online]. (diakses tanggal 7 November 2024).
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H