Perdagangan merupakan bentuk kegiatan menjual serta membeli barang atau jasa pada suatu tempat, yang dimana terjadi keseimbangan antara kurva permintaan dengan kurva penawaran pada satu titik yang biasanya disebut titik ekuilibrium. Sedangkan internasional merupakan dunia yang luas dan global, bukan parsial ataupun satu kawasan tertentu.
Perdagangan internasional adalah proses terjadinya perdagangan barang dan jasa antar negara yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan dipasar internasional yang mendapatkan manfaat serta keuntungan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan keuntungan yang lebih optimal setiap negara pasti memiliki strategi dalam perdagangan internasional.
Strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan perdagangan nasional Indonesia yaitu dengan membuat perjanjian perdagangan internasional, memperluas dan meningkatkan pelayanan ekspor ke pasar nontradisional, serta mempromosikan perdagangan dalam pameran perdagangan.
- Perjanjian perdagangan internasional
Sebelum melakukan perdagangan internasional, negara-negara yang bergabung harus memiliki perjanjian perdagangan internasional sehingga dapat mempermudah proses perdagangan karena adanya kepercayaan dari masing-masing negara. Hal tersebut membuat pertumbuhan ekonomi pada suatu negara menjadi lebih cepat.
Negara-negara yang tergabung mendapatkan kepercayaan untuk dapat membuka peluang investasi antar negara sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan baru. Negara indonesia telah melaksanakan kerjasama dalam perjanjian-perjanjian perdagangan internasional dengan berbagai negara didunia seperti World Trade Organization (WTO), Free Trade Agreement (FTA), dan Preferential Trade Agreement (PTA).
- Meningkatkan ekspor ke pasar nontradisional
Selain melakukan perjanjian perdangangan internasional, strategi yang dapat dilakukan oleh negara Indonesia untuk meningkatkan perdagangan internasional yakni dengan meningkatkan ekspor ke pasar nontradisional yang berada pada kawasan Afrika, Amerika Latin, Asia Selatan, Asia Tengah, Timur Tengah sampai ke kawasan Pasifik.Â
Kawasan tersebut menjadi target pasar nontradisional oleh Indonesia karena telah dipertimbangkan keuntungan serta peluang yang akan diperoleh melalui sektor ekspor serta dapat mepertahankan target pasar tradisional yang telah menjadi mitra negara Indonesia. Sehingga, Indonesia memiliki kesempatan untuk membuka kawasan baru untuk meningkatkan perdagangan internasionalnya.
- Mempromosikan perdagangan dalam pameran perdagangan
Stragtegi yang perlu dilakukan selanjutnya yaitu dengan mempromosikan perdagangan melalui pameran perdagangan. Karena dengan adanya promosi atau pameran dagang akan memberikan informasi yang lebih akurat mengenai sesuatu yang akan ditampilkan pada pameran atau promosi tersebut. Sehingga dengan diadakannya pameran tersebut juga akan memberikan peluang bekerjasama untuk dapat meningkatkan perdagangan internasional.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H