Mohon tunggu...
Evi Erlinda
Evi Erlinda Mohon Tunggu... Bio-Human Medicine -

Menetap di Baton Rouge, USA.\r\nBekerja di Our Lady of the Lake Regional Medical Center. Hospital.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Apakah Kompasiana Mengzinkan Memakai Foto Orang Lain sebagai Foto Profil?

9 Oktober 2017   21:00 Diperbarui: 9 Oktober 2017   21:15 941
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Profil Erlinda Evi, kebalikan nama saya, tapi pakai foto saya (dokpri)

Saya baru tahu kemaren, tanggal 8 Okrober, 2017 waktu Louisiana, Amerika Serikat bahwa ada orang bernama Erlinda Evi di Kompasiana. Ini kebalikan dari nama saya.

Mau nama Erlinda Evi, dan bahkan Evi Erlinda, tak menjadi soal dan takkan saya permasalahkan. Karena banyak orang bernama Evi Erlinda, sama persis dengan nama saya. Bahkan ada bulan dan tahun lahirnya sama.

Menjadi masalah "besar" adalah Erlinda Evi ini memakai foto profil saya. Persis foto profil saya di Kompasiana. Di FB, saya memakai foto ini sebagai foto cover. Di FB memang saya memakai nama Erlinda Evi, karena banyak teman saya bernama Evi Erlinda sebagai pembeda.

Di Amerika Serikat, kebiasaan memang orang memanggil nama belakang Erlinda sebagai nama panggilan saya. Ngisi formulirpun Erlinda dulu, baru Evi. "Erlinda Evi" jadinya.

FB yang bernama Erlinda Evi sudah ditutup. Bahkan Saya tak aktif menulis di Kompasiana lagi, karena kesibukan melakukan riset (penelitian) di tempat kerja.

Kembali ke pemakaian foto saya oleh Erlinda Evi, setelah tahu saya langsung membuat laporan beberapa kali ke Kompasiana. Kemudian hari ini, beberapa jam lalu, saya juga membuat laporan ke Kompasiana mempertanyakan kenapa orang "sesuka hati" memakai foto saya? Tapi Kompasiana hanya membisu!

Barusan, saya langsung minta penjelasan kepada pemakai foto saya Erlinda Evi di artikel Imam Prasetyo   "Cak Nun: Ada Keturunan PKI Jadi Staf Presiden Jokowi" (di sini).

Kalau pihak Kompasiana mendiamkan, berarti boleh memakai foto siapa saja sebagai foto profil, termasuk foto kang Pepih Nugraha? Dengan membalik Nugraha Pepih?

Di negara orang, Amerika Serikat saya diperlakukan dengan sangat baik.  Kenapa di negara sendiri, "tumpah darah beta" diperlakukan tidak  senonoh?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun