Mohon tunggu...
Evi Rahmawati
Evi Rahmawati Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Nama saya Evi Rahmawati, saya memiliki hobi membaca.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Dosen PGSD FIP UPI Mengembangkan Modul Praksis Sastra Anak: Pantun Berbasis Karakter Nasionalisme

7 November 2022   20:40 Diperbarui: 7 November 2022   20:43 92
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dosen PGSD FIP UPI mengembangkan modul praksis sastra anak: pantun berbasis karakter nasionalisme untuk siswa SD kelas 5. Penelitian yang diketuai oleh Dwi Heryanto, M.Pd dan beranggotakan Prof. Tatat Hartati, M.Ed., Ph.d, Evi Rahmawati, M.Pd., Faisal Sadam Muron, M.Pd., dan Non Dwishiera C. A. M.Pd. ini mengkaji tentang pengembangan modul tematik sastra anak pada pembelajaran prosa berbasis pada karakter di Sekolah Dasar. 

Hal ini didasarkan pada fakta empiris di antaranya yaitu lunturnya jati diri bangsa, munculnya berbagai fenomena dekandensi moral yang disebabkan karena semakin tercerabutnya nilai-nilai karakter dalam kehidupan sosial masyarakat.

Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk kembali merekonstruksi penanaman nilai-nilai melalui proses pendidikan dengan menjadikan sastra anak sebagai sumber belajar dalam upaya penanaman nilai-nilai karakter, di antaranya karakter nasionalisme.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan model penelitian pengembangan Design and Development Model (D&D) yang dimodifikasi dari Richey and Klein dengan menempuh langkah (1) perencanaan, (2) produksi, (3) evaluasi. 

Hasil dan pembahasan pada penelitian ini adalah proses pengembangan modul dilaksanakan sesuai dengan model PPE yang melalui satu kali proses validasi dengan perbaikan untuk meningkatkan kualitas desain akhir modul. Hasil penilaian para ahli pada validasi menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan pada pembelajaran prosa dengan rata-rata nilai keseluruhan 93,34%. 

Penelitian ini diasumsikan akan mampu menunjang penanaman nilai pada pembelajaran yang bermakna melalui modul pembelajaran yang dikembangkan. Modul tersebut diharapkan dapat menjadi alternatif rujukan pembelajaran Bahasa dan sastra yang konstruktif. Berikut gambar sampul modul praksis sastra anak: pantun berbasis karakter nasionalisme.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun