Pengantar Untuk Penulisan buku mengenai Biro Perjalanan Wisata:
(MENGENAL BISNIS USAHA PERJALANAN WISATA UNTUK PEBISNIS, SEKRETARIS, WISATAWAN, PERENCANA PERJALANAN HINGGA MAHASISWA).
Bisnis perjalanan kini sudah menjadi generik setelah melaju pesatnya Teknologi Informasi Komunikasi (ICT) atau Information Communication Technology (ICT). Banyak pihak mengkhawatirkan perkembangan bisnis biro perjalanan wisata akan semakin kurang diminati untuk diolah. Mazhab pesimis (pemikiran akan ambruknya bisnis perjalanan dimasa depan) sudah menorehkan indikasi-indikasi bahwa masa keemasan bisnis perjalanan sudah diambang kehancuran. Yang pada akhirnya Biro Perjalanan Wisata (selanjutnya ditulis singkat: BPW) hanya akan menjadi operator paket wisata. Atau malah penyalur (distributor) dari Pemandu Wisata (Tour Leader atau Tour Guide).
Mazhab Positif (para praktisi yang optimis akan tetap jayanya bisnis BPW) juga tak kalah sengitnya berargumen, bahwa bisnis manajemen BPW tidak akan surut dan malah akan terus berkibar. Sebagaimana pun canggihnya ICT atau internet dan website, fungsi "pelayanan" belum akan tergantikan oleh mesin komputer manapun. Argumennya, belum ada pengganti "senyum" dan "trust" / Kepercayaan yang dibangun oleh B2B atas usaha manajemen usaha perjalanan wisata.
Buku ini ditulis dari pemikiran dasar, untuk mengenalkan, merangkum sejarah, mendeskripsikan kondisi saat ini (mengenai bisnis BPW) dan menuturkan harapan akan masa depan usaha perjalanan wisata khususnya di Indonesia. Terdiri dari 5 bab yang akan menggali dan menggambarkan kondisi bisnis perjalanan wisata BPW baik dari sejarahnya, strategi dan kebijakan-kebijakan yang ada saat ini, serta ditutup dengan Forecast (meramalkan) masa depan bisnis perjalanan di Indonesia.
Dengan segala kerendahan hati, buku ini diperuntukkan bagi: 1) peminat atau pelaku investasi yang akan mendirikan usaha perjalanan wisata , 2) Para Travel Planner, Baik diperusahaan atau pribadi (sekretaris atau pebisnis nasional / internasional yang sering melakukan perjalanan, 3) Mahasiswa atau pelajar yang mengambil studi mengenai pariwisata khususnya manajemen usaha perjalanan wisata, dan 4) Serta siapa saja yang tertarik untuk belajar melakukan perjalanan wisata (wisatawan).
Penulis sangat menantikan kritik, saran dan inputan dari pembaca sekalian, demi perbaikan dan memperkaya khasanah pendalaman materi dari buku ini.
PENULIS
2012
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H