Mohon tunggu...
Eva Rahmawati
Eva Rahmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

hobi saya membaca novel, dan memasak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Memberi Penjelasan Tahapan Perkembangan Motorik Anak dan Games

31 Oktober 2023   23:12 Diperbarui: 31 Oktober 2023   23:36 38
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada tanggal 31 oktober 2023 terdapat kegiatan untuk memberi penjelasan tahapan perkembangan motorik anak dan bermain games kepada murid yang dimana kegiatan tersebut berada di Tk darussalam Jl. Nginden, Surabaya. Pada kegiatan terserbt pertama kita berkenalan kepada para murid- murid disana walau anak-anak masih malu-malu untuk berkenalan dan menjadi pendiam, dan dilanjut dengan bernyanyi dimana para murid sangat terlihat senang bila diajak bernyanyi apa lagi ditambah dengan gerakan. Anak- anak kebanyakan semangat bila diajak bernyanyi ada yang dengan teriak-teriak dan sangat antusias, ada yang masih malu-malu, ada yang biasa saja. 

Anak- anak juga sangat semangat mengikuti gerakan-gerakan dalam nyanyian tersebut karena sebelum mengajak bernyanyi  kita memberi arahan baha siapa yang besemangat dalam bernyanyi akan mendapatkan hadiah. Dan ternyata pada games pertama yaitu bernyanyi dimenangkan kepada kelompok perempuan dan mendapatkan hadiah kipas berbentuk karaktun hewan. Setelah bermain games bernyanyi selanjutnya bermain games yang memerlukan gelas dan pensil dimana pemainan tersebut dilakukan dengan menyalurkan gelas dengan pensil dan tidak boleh jatuh apa bila gelas tersebut jatuh maka gagal. 

Tujuan dari permainan tersebut agar anak fokus, bekerja sama dengan temannya. Dan sebelum dimulai anak-anak dibagi dua kelompok, kelompok pertama yaitu kelompok perempuaun dan kelompok kedua laki-laki. Dan  diberi tahu cara bermainnya, setelah diberi tahu caranya, games dimulai lalu games tersebut dimenangkan oleh kelompok anak laki-laki dan mereka sangat senang dan gembira karena mendapatkan hadiah yaitu kipas berkarakter kartun. Setelah kegiatan games gelas dilanjut dengan bernyanyi lagi agar anak-anak masih semangat.

Lalu dilanjut dengan games tebak hewan yaitu bermainnya dengan cara kita menyebutkan ciri-ciri hewan tersebut dari berkaki empat, hidup didarat, bunyi hewan tersebut.dimana kegiatan ini bertujan mengasah otak anak-anak, dan belajar bagaimana ciri-ciri hewan. Cara bermainnya yaitu ada enam anak-anak disuruh baris dan kita menyebutkan ciri-ciri hewan tersebut lalu setelah disebutkan maka anak tersebut harus menyebutkan nama hewan yang telah disebutkan ciri-cirinya tadi. Yang bisa menyebtkan maka sianak akan mendapatkan hadiah berupa snack seperti siip, permen yupi dan lain-lain.

Begitu senangnya anak-anak mendapatkan hadia hasil dari bisa mejawab pertanyaan. Setelah bermain tebak hewan kita memberi tebak-tebakan menyebuutkan profesi dan masih sama caranya kita menyebutkan ciri-cirinya lalu anak-anak menyebutkan profesi apakah ituu?namun tebak-tebakan itu yang bisa menjawab tidak diberi hadiah karena kita hanya ingin mengajarkan nama-nama profesi. Setelah kegiatan tersebut kita memberikan give kepada anak-anak setelah diberi give anak- anak sangat senang sekali karena mendapat banyak hadiah dari kipas kartun, dapet snack, dan dapet give yang isisnya susu, snack-snack, permen yupi dan permen milkita.untuk perpisahan dan penyerahan poster tahapan perkembangan motorik anak kepada guru tersebut.

Kegiatan : Memberi penjelasan tahapan perkembangan motorik anak dan game pada murid

Nama Instansi : Tk Darussalam

Nama : Eva rahmawati

Fakultas, universitas : Psikologi, Universitas 17 agustus 1945

Mk, Dosen: Sayidah Aulia Ul Haque S.pi M.psi

Kesan peserta : sangat senang karena bisa bermain dan belajar dengan anak-anak,bisa tau karakter anak-anak saat bertemuu dengan orang baru dan bagaimana semangatnya anak-anak bermain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun