- Keterampilan berbahasa Indonesia merupakan fondasi penting dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Namun, seringkali muncul berbagai permasalahan yang menghambat pencapaian kompetensi berbahasa siswa. Pemahaman yang mendalam mengenai permasalahan ini sangat penting untuk merancang strategi pembelajaran yang efektif.
-Permasalahan Utama:
Beberapa permasalahan umum yang sering dihadapi dalam pembelajaran keterampilan bahasa Indonesia di SD antara lain:
Kurangnya minat baca:Siswa kurang tertarik membaca buku atau teks bacaan lainnya, sehingga kosakata dan pemahaman bacaan mereka terbatas.
Kesulitan dalam menulis: Banyak siswa mengalami kesulitan dalam menyusun kalimat yang benar, terutama dalam hal ejaan, tanda baca, dan struktur kalimat.Keterbatasan kosakata: Perbendaharaan kata siswa masih sangat terbatas, sehingga mereka kesulitan dalam mengungkapkan pikiran dan perasaan secara efektif.
Kurangnya kesempatan untuk berlatih berbicara:Siswa kurang memiliki kesempatan untuk berlatih berbicara di depan umum, sehingga kemampuan berbicara mereka kurang berkembang.
Metode pembelajaran yang kurang variatif: Penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan kurang menarik dapat membuat siswa merasa bosan dan kurang termotivasi.
Pengaruh bahasa daerah: Di daerah-daerah tertentu, penggunaan bahasa daerah yang dominan dapat menghambat penguasaan bahasa Indonesia baku.
Faktor individu:Perbedaan latar belakang, kemampuan kognitif, dan motivasi belajar siswa juga dapat mempengaruhi kemampuan berbahasa mereka.
 -Faktor Penyebab
Beberapa faktor yang dapat menyebabkan permasalahan tersebut antara lain: