Media sosial merupakan sarana yang digunakan oleh kebanyakan orang sebagai sarana untuk berinteraksi antara satu sama lain untuk menciptakan, berbagi, serta saling tukar menukar informasi dalam sebuah dunia virtual. Media sosial juga merupakan sebuah media online yang para penggunanya bisa dengan mudah dan cepat untuk berpartisipasi dan menciptakan isi, seperti blog, wikipedia, dan juga forum. Media sosial mengajak seluruh penggunanya untuk berpartisipasi dengan cara berkontribusi dalam kritik dan saran, memberikan komentar, dan juga berbagi informasi dalam waktu yang tidak ada batasnya dan juga dalam kurun waktu yang cepat.
Pada zaman ini Public Relation tidak bisa terlepas dari media sosial, karena semua aktivitas yang dilakukan didalam Public Relation selalu berhubungan dengan media sosial. Selain itu, media sosial juga bisa meningkatkan jangkauan pesan yang ingin disampaikan atau yang diterima, membangun keterlibatan dan juga interaksi dengan publik atau pengikutnya.Â
Hubungan Media Sosial dengan Public Relation merupakan salah satu langkah awal untuk kinerja Public Relation itu sendiri sebagai narasumber informasi dan juga dengan adanya media sosial maka akan mempermudah untuk mempublikasikan kepada khalayak atau public diluar sana tentang apa yang menjadi rencana selanjutnya dari Public Relation itu sendiri.Â
Karena Public Relation tidak bisa terlepas dari Media Sosial maka diperlukan untuk selalu mempertahankan hubungan baik, karena segala informasi tentang Public Relation itu bersumber dari Media Sosial dan juga Media Sosial juga salah satu sarana untuk membangun reputasi, karena dengan menggunakan media sosial PR bisa melakukan klarifikasi (jika dibutuhkan) dengan cepat dan mudah.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H