KALIWINING, 20 AGUSTUS 2022 -- Setelah melakukan pengamatan dan wawancara langsung ke lapangan, kelompok Kuliah Kerja Nyata Kolaboratif 91 pun berkoordinasi dengan beberapa koordinator UMKM dari rumah produksi kedelai (tahu dan tempe) untuk berdiskusi mengenai proses pelaksanaan sosialisasi mengenai pentingnya branding dan alternatif pemasaran.
Salah satu koordinator dari UMKM tak lain yakni Pak Sodik yang merupakan Ketua RW 16 di Dusun Curah Suko, Kaliwining. Beliau setuju bahwa branding merupakan hal yang amat penting dalam mengembangkan sebuah bisnis, dan setelah diskusi yang cukup panjang kedua pihak menyetujui bahwa pelaksanaan sosialisasi akan diadakan pada pekan depan yang berkisar pada hari Selasa maupun Rabu yakni tanggal 23 atau 24 Agustus 2022 di Balai Desa Kaliwining.
Meskipun masyarakat Kaliwining belum pernah memiliki brand untuk produk lokal mereka, tetapi antusiasme para pemilik UMKM kedelai sudah cukup terasa dan kesadaran akan pentingnya variasi dalam metode pemasaran pun mulai meningkat dan muncul di pikiran masyarakat tersebut. (-EC)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H