Menurut data PISA atau Programme for International Student Assessment suatu badan penilaian internasional yang mengukur literasi membaca, matematika, dan sains Indonesia mengalami penurunan, namun peringkatnya naik dibandingkan tahun 2018. Penurunan skor ini disebabkan oleh ketertinggalan pembelajaran atau learning loss akibat pandemi COVID-19. Skor literasi membaca Indonesia pada PISA 2022 adalah 359, skor matematika 421, dan skor sains 439.Â
PISA mendefinisikan literasi membaca sebagai kemampuan siswa untuk: Memahami teks, Menggunakan teks, Mengevaluasi teks, Merenungkan teks, Berpartisipasi dalam masyarakat. Hingga saat ini kemampuan literasi siswa dirasa masih cukup memprihatinkan. kebanyakan siswa hanya membaca tanpa memahami isi teks.Â
Guru sebagai tonggak perubahan dalam satuan pendidikan sudah seharusnya terus melakukan perbaikan salam strategi guna meningkatkan literasi siswa.Â
Dalam buku  Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD yang diterbitkan Universitas Terbuk terdapat empat strategi belajar diantaranya adalah;
1. Strategi Mengulang
Strategi mengulang terdiri atas mengulang sederhana dan mengulang kompleks. Strategi mengulang sederhana digunakan untuk sekedar membaca ulang materi tertentu hanya untuk menghafal saja. Contohnya adalah menghafal nomor telepon, Alamat dan sebagainya. Memori yang sudah ada dalam pikiran dimunculkan kembali untukkepentingan jangka pendek, seketika dan sederhana.Â
Strategi mengulang kompleks digunakan untuk menyerap bahan ajar yang lebih kompleks. Menggarisbawahi ide-ide kunci, membuat catatan pinggir, danmenuliskan kembali informasi yang telah diterima meupakan bagian dari menulang kompleks. Strategi tersebut hendaknya diajarkan kepada siswa agar terbiasa dengan strategi tersebut.
2.Strategi Elaborasi
Strategi elaborasi adalah proses penambahan rincian sehingga informasi baru akan lebih bermakna. Beberapa bentuk strategi elaborasi adalah pembuatan catatan, analogi, dan PQ4R. PQ4R merupakan singkatan dari Preview (mengulang selintas dengan cepat), Question (bertanya) dan 4R singkatan dari Read, Reflect, Resite, dan Review (membaca, merefleksi, menanyakan pada diri sendiri, dan mengulang secara menyeluruh).
Pembuatan catatan adalah strategi belajar yang menggabungkan antara informasi yang dimiliki sebelumnya dengan informasi baru yang diperoleh melalui proses mencatat. Dengan mencatat, siswa dapat menuangkan ide baru dari percampuran dua informasi itu.Â
Kemudian analogi merupakan cara belajar dengan perbandingan yang dibuat untuk menunjukkan persamaan antara ciri pokok benda atau ide, misalnya otak kita mirip dengan computer yang menerima dan menyimpan. Strategi PQ4R merupakan strategi belajar elaboraasi yang terbukti efektif dalam membantu siswa menghafal informasi bacaan.
3.Strategi Organisasi
Strategi organisasi membantu siswa meningkatkan kebermaknaan bahan-bahan baru dengan struktur pengorganisasian baru. Strategi organisasi terdiri atas pengelompokan ulang, ide-ide atau istilah menjadi subjek yang lebih kecil. Strategi tersebut berperan sebagai pengidentifikasian ide-ide atau fakta kunci dari sekumpulan informasi yang lebih besar.Â