Mohon tunggu...
Ety Budiharjo
Ety Budiharjo Mohon Tunggu... profesional -

Cinta Dengan Menulis, Menulis Dengan Cinta. My Blog is : etybudiharjo.com

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Electronic City Melengkapi Kebutuhan Travelling Impianku

8 Desember 2016   16:19 Diperbarui: 9 Desember 2016   14:07 448
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

“Gantunglah mimpi di tempat paling tinggi, agar setiap saat selalu ingin menggapainya” ---Ety Budiharjo---

Melihat beberapa postingan teman di media sosial ketika sedang travelling ke Jepang, membuat saya semakin kepincut. Kesan saya cuma satu, romantis ! Meskipun romantis saya tidak berniat untuk mengajak suami, kemungkinan besar malah anak-anak yang saya ajak. Sebenarnya ada sih teman yang mengajak bareng, tapi waktunya masih belom cocok. Lagipula, kami beda selera saya maunya pergi saat musim semi tiba. Sedangkan teman maunya musim dingin, alasannya sih dia penasaran pengen lihat salju.  Kalau saya sendiri kepo pengen lihat bunga Sakura mekar.

Yup…saya lebih ingin menikmati “Hanami Party” yang cuma ada di Jepang. Hmmm…apaan sih Hanami Party itu ? Hanami adalah sebuah acara untuk menyaksikan bunga Sakura mekar. Biasanya baik wisatawan lokal maupun asing, berkumpul di taman yang ditumbuhi oleh pohon Sakura. Hanami bukan hanya sekedar kumpul loh, mereka biasanya membawa makanan ringan dan keperluan piknik seperti alas duduk atau kursi lipat. Fantastis bukan ?

Musim semi di Jepang menjadi musim yang paling ditunggu-tunggu oleh wisatawan. Banyak hal menarik terjadi pada musim semi, salah satunya bunga Sakura. Bahkan hampir semua tumbuhan akan bersemi. Bukan hanya tumbuhannya saja, makanan lezat juga banyak bermunculan pada musim semi. Sepertinya siklus musim semi ini menjadi pertanda tumbuhnya semangat baru bagi masyarakat Jepang.

Musim semi di Jepang jatuh pada bulan Maret hingga Mei, selama tiga bulan berturut-turut masyarakat Jepang dan wisatawan disuguhi pemandangan cantik. Selain itu di bulan April bertepatan dengan dimulainya aktivitas sekolah dan perkantoran. Dengan begitu musim semi menjadi awal yang baru dan bertemu  orang-orang baru.

Yang membuat musim semi ini menjadi sangat indah karena pohon Sakura di Jepang tumbuh di segala tempat. Di gunung, taman, tepi sungai, bangunan kuil, tepi jalan dan beberapa tempat lainnya. Bunga Sakura yang mekar ini memang tidak serempak, pada umumnya bunga Sakura lebih dulu mekar di daerah beriklim hangat, yaitu daerah Tokyo di Kanto.

Sumber Foto: matcha-jp.com
Sumber Foto: matcha-jp.com
Jepang ! Hampir setahun ini, saya sangat memimpikan ingin berkunjung ke sana. Negri dengan empat musim ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Bagi saya, Jepang bukan hanya terkenal dengan sakuranya saja. Banyak sekali obyek wisata yang elok ditambah dengan sentuhan budaya lokal menjadi wisata penuh arti. Jepang juga menjadi negri yang bisa memadukan empat unsur sehingga menarik wisatawan datang, tanpa kecuali saya. Sebut saja perpaduan itu adalah agama, budaya, sosial dan iklim tentunya. Setiap musim pasti akan memberikan kesan tersendiri dengan nuansa berbeda.

Sebelum saya benar-benar berangkat ke Jepang, saya sudah mempersiapkan segalanya termasuk itenary. Maklum, saking banyaknya tempat wisata di Jepang yang memikat sayang kalau waktunya habis percuma. Oleh karena itu saya mulai memilih tempat mana saja yang akan saya kunjungi. Selain itenary, saya juga mempersiapkan beberapa perlengkapan tempur layaknya orang travelling sebut saja ada smartphone, kamera, powerbank, kompas, kabel rol dan printilan lainnya.

Pokoknya saya tidak mau ada peristiwa yang terlewat hanya gara-gara lupa membawa peralatan tersebut. Saya ingin mengabadikan perjalanan impian itu dengan lengkap. Berikut ini salah satu destinasi wisata dengan keanggunan bunga Sakura yang pengen banget saya kunjungi :

Taman Matsumae di Matsumae

Taman Matsumae berada di wilayah Sapporo, Hokkaido, yaitu daerah paling Utara Jepang. Hokkaido menjadi daerah paling dingin di Jepang pada saat musim dingin tiba. Karena saya akan ke sana saat musim semi jadi tidak terlalu pengaruh dengan kondisi suhu. Bunga Sakura di Hokkaido akan mekar lebih lambat dari daerah lainnya, yaitu akhir bulan April dan akan mekar sempurna pada awal Mei.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun