Pembelajaran merupakan sesuatu yang sangat penting, karena pembelajaran ini sangat berpengaruh atas tercapainya suatu hasil belajar. Apabila pembelajaran yang dilaksanakan berhasil maka hal ini yang menjadikan kemajuan dalam suatu pendidikan dan ketercapaian tujuan pembelajaran yang diinginkan. Oleh karena itu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal perlu memperhatikan pendekatan pembelajaran yang dapat mencakup strategi, metode dan teknik pembelajaran. Akan tetapi dahulunya strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang digunakan oleh guru masih tradisional sehingga perlu diadakannya suatu pembaharuan. Pembaharuan ini diharapkan dapat memperbaiki dan menutupi kekurangan-kekurangan dalam penyampaian pembelajaran. Bagaimanakah pembaharuan yang terjadi dalam strategi, metode dan teknik pembelajaran tersebut ???...Untuk lebih jelasnya akan dijelaskan pembaharuan dari masing-masing strategi, metode dan teknik pembelajaran.
Strategi pembelajaran merupakan suatu rangkaian kegiatan atau kiat dalam memanfaatkan sumber yang dimiliki yang didesain sebagaimana mungkin untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Strategi ini merupakan perecanaan pembelajaran jadi dalam pembelajaran guru perlu menggunakan suatu strategi yang tepat untuk dapat memaksimalkan kegiatan pembelajaran. Strategi pembelajaran banyak macamnya. Dahulu guru dalam pembelajaran lebih menekankan siswa untuk, dengar, catat, tulis dan hafal. Hal ini sebaiknya perlu adanya pembaharuan karena dengan menggunakan strategi dengar, catat, tulis dan hafal guru yang lebih aktif dan siswa hanya pasif sehingga siswa tidak bisa mendapatkan pengetahuannya sendiri. Untuk menanggulangi kekurangan dari strategi ini maka dapat diperbaharui dengan menggunakan strategi lain misalnya strategi Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif, Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning), Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB), StrategiPembelajaran Siklus ( Learning Cycle)dan alin sebagainya. Dimana strategi ini menekankan siswa untuk aktif belajar dan mendapatkan pengetahuannya sendiri. Dengan demikian diharapkan siswa dapat lebih memehami materi pelajaran.
Selain adanya strategi pembelajaran, guru juga tidak terhindar dari adanya sebuah metode pembelajaran, yang mana metode pembelajaran ini guna untuk dapat mewujudkan suatu pembelajaran yang bermanfaat dan pencapaian tujuan yang diinginkan. Metode merupakan cara yang digunakan guru untuk memberi kesempatan belajar kepada siswa agar dapat mengembangkan/ meningkatkan kemampuan yang dimilikinya, serta mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran. Adanya pembaharuan dalam metode ini misalnya yaitu pada mulanya guru dalam kegiatan pembelajaran mengguankan metode ceramah, akan tetapi metode ceramah ini tidak efektif apabila digunakan secara terus menerus, sehingga dapat diperbaharui dengan misalnya menggunakan metode demonstrasi, simulasi, tanya jawab, eksperimen dan lain-lain yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Seorang guru juga harus sepintar-pintarnya menggunakan metode yang tepat dan sesuai dengan pembelajaran yang berlangsung serta tidak terpaku pada satu metode saja, akan tetapi guru harus dapat mengambil setiap kelebihan-kelebihan pada metode tersebut, sehingga dengan demikian diharapkan pembelajaran akan berjalan dengan lancar serta sesuai dengan tujuan yang diinginkan.
Dalam suatu pembelajaran guru pastinya mempunyai suatu teknik agar materi atau kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat diserap dan dipahami oleh siswanya sehingga kegiatan pembelajaran tidak sia-sia. Teknik ini merupakan penerapan suatu metode secara spesifik. Misalnya dalam penggunaan metode diskusi, perlu digunakan teknik yang berbeda pada kelas yang siswanya tergolong aktif dengan kelas yang siswanya tergolong pasif. Dalam hal ini guru juga harus berganti-ganti teknik untuk memaksimalkan kegiatan pembelajaran.Teknik ini mendukung atau memacu berhasilnya metode pembelajaran yang digunakan oleh guru.
Adanya suatu pembaharuan strategi, metode dan teknik yang dilakukan guru dalam kegiatan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan kualitas peserta didik dan hasil belajar yang optimal. Dari strategi, metode dan teknik pastinya masing-masing mempunyai suatu kekurangan dan kelebihan, maka guru harus sepintar-pintarnyaa mengambil kelebihan-kelebihan itu dan menerapkannya dalam pembelajaran.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H