Mohon tunggu...
Etika Dwi Pangesti
Etika Dwi Pangesti Mohon Tunggu... -

Kupersembahkan hasil untuk orang tuaku \r\nKupersembahnkan ilmu untuk masa depan & anak didikku kelak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Perlunya Pembaharuan dalam Strategi, Metode dan Teknik Pembelajaran

21 November 2011   02:33 Diperbarui: 25 Juni 2015   23:24 158
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pembaharuan merupakan suatu penemuan, baik yang benar-benar baru, maupun yang sudah ada sebelumnya. Pembaharuan mengiringi perkembangan zaman yang tak henti-hentinya berputar sesuai dengan kurun waktu yang telah ditentukan. Pembaharuan digunakan untuk memecahkan masalah guna mencapai tujuan. Adanya pembaharuan strategi, metode dan teknik dalam pembelajaran bertujuan untuk menyempurnakan strategi, metode maupun teknik yang sudah ada sebelumnya.

Strategi pembelajaran merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.Artinya, bahwa strategi pada dasarnya masih bersifat konseptual tentang keputusan-keputusan yang akan diambil dalam suatu pelaksanaan pembelajaran. Strategi pembelajaran sifatnya masih konseptual dan untuk melaksanakannya digunakan berbagai metode pembelajaran tertentu.

Metode pembelajaran merupakan cara menyajikan materi yang bersifat umum. Metode pembelajaran dapat diartikan juga sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Jadi metode digunakan untuk melaksanakan strategi. Dan untuk melaksanakan strategi dan metode diperlukan teknik pembelajaran.

Teknik Pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Misalkan, penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri, yang tentunya secara teknis akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah pada kelas yang jumlah siswanya terbatas. Demikian pula, dengan penggunaan metode diskusi, perlu digunakan teknik yang berbeda pada kelas yang siswanya tergolong aktif dengan kelas yang siswanya tergolong pasif. Dalam hal ini, guru pun dapat berganti-ganti teknik meskipun dalam koridor metode yang sama.

Untuk bisa melakukan pembaharuan, seorang guru harus memahami aspek-aspek yang akan diperbaharui, misalnya strategi, pembaharuan atapun teknik pembelajaran. Seorang guru harus dapat menciptakan situasi kelas yang menyenangkan bukan menjenuhkan. Sehingga pemanfaatan atau implementasi dari strategi, metode dan teknik pembelajaran sangat dibutuhkan. Penggunaan strategi, metode, dan teknik yang tepat akan membuat siswa mengerti apa yang disampaikan oleh gurunya. Dalam memilih strategi, metode, ataupun teknik guru harus memperhatikan kondisi siswanya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun