Mohon tunggu...
Esy Lorina Saijan
Esy Lorina Saijan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Membaca, Nonton.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sikap Hidup dalam Pandangan Etika Kristen

3 April 2024   13:21 Diperbarui: 3 April 2024   13:21 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama: Esi Lorina saijan

                                                                                       Sikap hidup dalam pandangan etika Kristen

Berbicara tentang sikap dalam etika Kristen kita tentu tahu bahwa kita harus berbuat apa supaya sikap Kita dalam beretika  harus sesuai dengan apa yang ada dalam ajaran Kristen oleh karena itu kita harus memulai dengan cara kita beretika dengan sesama manusia.

Sebagai orang Kristen yang beretika harus saling menghormati dan menghargai satu sama yang lain dalam masyarakat ,maka Masyarakat harus memahami apa Itu Etika Kristen dalam masyarakat .Etika tidak lain adalah bagaimana cara seseorang berperilaku dan bagaimana cara kita dalam pergaulan Antara sesama dan kita bisa melihat mana yang benar-benar baik sama kita dan mana yang yang selalu  berperilaku buruk.

Moralitas: ciri-ciri manusia Banyak tindakan manusia dikaitkan dengan kebaikan atau kejahatan, tapi tidak semuanya. Beberapa tindakan bersifat netral secara etis. Sekalipun Anda memakai sepatu kanan terlebih dahulu di pagi hari, lalu sepatu kiri, itu tidak ada hubungannya dengan benar atau salah. Sebaliknya, boleh saja memakai sepatu kiri terlebih dahulu, baru kemudian sepatu kanan. Mungkin cara pertama sudah menjadi kebiasaan saya. Mungkin cara ini lebih baik dari segi efisiensi atau karena sesuai dengan kemampuan atletik saya, namun dari segi moral cara pertama juga lebih baik dari cara kedua.Tidak ada cara yang lebih baik atau lebih buruk untuk melakukan ini. Tindakan ini dapat dikatakan "tidak bermoral" dalam pengertian yang telah dijelaskan. Dengan kata lain, tidak ada relevansi etis. Dan tidak sulit membayangkan masih banyak contoh perbuatan lain yang dianggap tidak bermoral dalam pengertian ini. Namun jika sebagai seorang ayah saya awalnya menghabiskan gaji bulanan saya untuk hobi saya sendiri (fotografi, memelihara burung, dan yang lebih parahnya lagi berjudi), dan kemudian hanya ketika ada sisa, saya berikan kepada keluarga, maka situasinya adalah Ini berbeda. Tindakan terakhir ini pasti akan dinilai "tidak etis", "tidak bermoral", atau "buruk secara moral". Karena sebagai seorang ayah, saya mempunyai kewajiban untuk mendahulukan istri dan anak saya di atas kebutuhan dan kesenangan pribadi saya. Sebagaimana tersirat dalam contoh terakhir ini, baik dan buruk dalam arti etis mempengaruhi kehidupan setiap orang.Moralitas: ciri-ciri manusia Banyak tindakan manusia dikaitkan dengan kebaikan atau kejahatan, tapi tidak semuanya. Beberapa tindakan bersifat netral secara etis. Sekalipun Anda memakai sepatu kanan terlebih dahulu di pagi hari, lalu sepatu kiri, itu tidak ada hubungannya dengan benar atau salah. Sebaliknya, boleh saja memakai sepatu kiri terlebih dahulu, baru kemudian sepatu kanan. Mungkin cara pertama sudah menjadi kebiasaan saya. Mungkin cara ini lebih baik dari segi efisiensi atau karena sesuai dengan kemampuan atletik saya, namun dari segi moral cara pertama juga lebih baik dari cara kedua.Tidak ada cara yang lebih baik atau lebih buruk untuk melakukan ini. Tindakan ini dapat dikatakan "tidak bermoral" dalam pengertian yang telah dijelaskan. Dengan kata lain, tidak ada relevansi etis. Dan tidak sulit membayangkan masih banyak contoh perbuatan lain yang dianggap tidak bermoral dalam pengertian ini. Namun jika sebagai seorang ayah saya awalnya menghabiskan gaji bulanan saya untuk hobi

saya sendiri (fotografi, memelihara burung, dan yang lebih parahnya lagi berjudi), dan kemudian hanya ketika ada sisa, saya berikan kepada keluarga, maka situasinya adalah Ini berbeda. Tindakan terakhir ini pasti akan dinilai "tidak etis", "tidak bermoral", atau "buruk secara moral". Karena sebagai seorang ayah, saya mempunyai kewajiban untuk mendahulukan istri dan anak saya di atas kebutuhan dan kesenangan pribadi saya. Sebagaimana tersirat dalam contoh terakhir ini, baik dan buruk dalam arti etis mempengaruhi kehidupan setiap orang.Moralitas: ciri-ciri manusia Banyak tindakan manusia dikaitkan dengan kebaikan atau kejahatan, tapi tidak semuanya. Beberapa tindakan bersifat netral secara etis. Sekalipun Anda memakai sepatu kanan terlebih dahulu di pagi hari, lalu sepatu kiri, itu tidak ada hubungannya dengan benar atau salah. Sebaliknya, boleh saja memakai sepatu kiri terlebih dahulu, baru kemudian sepatu kanan. Mungkin cara pertama sudah menjadi kebiasaan saya. Mungkin cara ini lebih baik dari segi efisiensi atau karena sesuai dengan kemampuan atletik saya, namun dari segi moral cara pertama juga lebih baik dari cara kedua.Tidak ada cara yang lebih baik atau lebih buruk untuk melakukan ini. Tindakan ini dapat dikatakan "tidak bermoral" dalam pengertian yang telah dijelaskan. Dengan kata lain, tidak ada relevansi etis. Dan tidak sulit membayangkan masih banyak contoh perbuatan lain yang dianggap tidak bermoral dalam pengertian ini. Namun jika sebagai seorang ayah saya awalnya menghabiskan gaji bulanan saya untuk hobi saya sendiri (fotografi, memelihara burung, dan yang lebih parahnya lagi berjudi), dan kemudian hanya ketika ada sisa, saya berikan kepada keluarga, maka situasinya adalah Ini berbeda. Tindakan terakhir ini pasti akan dinilai "tidak etis", "tidak bermoral", atau "buruk secara moral". Karena sebagai seorang ayah, saya mempunyai kewajiban untuk mendahulukan istri dan anak saya di atas kebutuhan dan kesenangan pribadi saya. Sebagaimana tersirat dalam contoh terakhir ini, baik dan buruk dalam arti etis mempengaruhi kehidupan setiap orang.Moralitas: ciri-ciri manusia Banyak tindakan manusia dikaitkan dengan kebaikan atau kejahatan, tapi tidak semuanya. Beberapa tindakan bersifat netral secara etis. Sekalipun Anda memakai sepatu kanan terlebih dahulu di pagi hari, lalu sepatu kiri, itu tidak ada hubungannya dengan benar atau salah. Sebaliknya, boleh saja memakai sepatu kiri terlebih dahulu, baru kemudian sepatu kanan. Mungkin cara pertama sudah menjadi kebiasaan saya. Mungkin cara ini lebih baik dari segi efisiensi atau karena sesuai dengan kemampuan atletik saya, namun dari segi moral cara pertama juga lebih baik dari cara kedua.Tidak ada cara yang lebih baik atau lebih buruk untuk melakukan ini. Tindakan ini dapat dikatakan "tidak bermoral" dalam pengertian yang telah dijelaskan. Dengan kata lain, tidak ada relevansi etis. Dan tidak sulit membayangkan masih banyak contoh perbuatan lain yang dianggap tidak bermoral dalam pengertian ini. Namun jika sebagai seorang ayah saya awalnya menghabiskan gaji bulanan saya untuk hobi saya sendiri (fotografi, memelihara burung, dan yang lebih parahnya lagi berjudi), dan kemudian hanya ketika ada sisa, saya berikan kepada keluarga, maka situasinya adalah Ini berbeda. Tindakan terakhir ini pasti akan dinilai "tidak etis", "tidak bermoral", atau "buruk secara moral". Karena sebagai seorang ayah, saya mempunyai kewajiban untuk mendahulukan istri dan anak saya di atas kebutuhan dan kesenangan pribadi saya. Sebagaimana tersirat dalam contoh terakhir ini, baik dan buruk dalam arti etis mempengaruhi kehidupan setiap orang.Moralitas: ciri-ciri manusia Banyak tindakan manusia dikaitkan dengan kebaikan atau kejahatan, tapi tidak semuanya. Beberapa tindakan bersifat netral secara etis. Sekalipun Anda memakai sepatu kanan terlebih dahulu di pagi hari, lalu sepatu kiri, itu tidak ada hubungannya dengan benar atau salah. Sebaliknya, boleh saja memakai sepatu kiri terlebih dahulu, baru kemudian sepatu kanan. Mungkin cara pertama sudah menjadi kebiasaan saya. Mungkin cara ini lebih baik dari segi efisiensi atau karena sesuai dengan kemampuan atletik saya, namun dari segi moral cara pertama juga lebih baik dari cara kedua.Tidak ada cara yang lebih baik atau lebih buruk untuk melakukan ini. Tindakan ini dapat dikatakan "tidak bermoral" dalam pengertian yang telah dijelaskan. Dengan kata lain, tidak ada relevansi etis. Dan tidak sulit membayangkan masih banyak contoh perbuatan lain yang dianggap tidak bermoral dalam pengertian ini. Namun jika sebagai seorang ayah saya awalnya menghabiskan gaji bulanan saya untuk hobi saya sendiri (fotografi, memelihara burung, dan yang lebih parahnya lagi berjudi), dan kemudian hanya ketika ada sisa, saya berikan kepada keluarga, maka situasinya adalah Ini berbeda. Tindakan terakhir ini pasti akan dinilai "tidak etis", "tidak bermoral", atau 

"buruk secara moral". Karena sebagai seorang ayah, saya mempunyai kewajiban untuk mendahulukan istri dan anak saya di atas kebutuhan dan kesenangan pribadi saya. Sebagaimana tersirat dalam contoh terakhir ini, baik dan buruk dalam arti etis mempengaruhi kehidupan setiap orang..Kecelakaan serius dapat dihindari tidak hanya pada saat ini namun juga pada masa lalu. Ilmu pengetahuan seperti antropologi budaya dan sejarah memberi tahu kita bahwa di negara mana pun, kapan pun, terdapat pengetahuan tentang benar dan salah, apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Namun perlu ditambahkan bahwa tidak semua negara dan  semua zaman mempunyai pemahaman yang sama mengenai baik dan buruk. Ada negara dan kelompok sosial yang mengetahui tentang "tabu", yaitu hal-hal yang dilarang keras (seperti membunuh hewan tertentu),  dan tidak semua negara dan semua kelompok umur memiliki pemahaman yang sama tentang benar dan salah. Di beberapa negara dan kelompok sosial, terdapat "tabu" atau hal-hal yang dilarang keras (seperti membunuh hewan tertentu), sedangkan di negara dan kelompok sosial lain, tindakan yang sama tidak dilarang. Sebaliknya, ada hal-hal yang biasa dan dianggap normal pada zaman dahulu, namun saat ini ditolak karena dianggap tidak etis di hampir semua negara beradab. Contohnya termasuk kolonialisme, perbudakan, dan diskriminasi terhadap perempuan. Oleh karena itu, semua negara pasti mempunyai pengalaman  baik dan buruk, namun tidak selalu mempunyai pendapat yang sama mengenai apa yang  dianggap baik dan apa yang dianggap buruk. Tentu saja hal ini menimbulkan pertanyaan-pertanyaan yang perlu kita bahas kembali dalam buku ini. Untuk saat ini, cukuplah kita  sepakat bahwa pemahaman kita tentang yang baik dan  yang jahat adalah pemahaman yang umum.

.

   Untuk lebih memahami perbedaan antara hewan dan manusia, kita perlu fokus secara singkat pada kata "harus" dalam istilah "harus" di atas. Ternyata ada dua macam "kewajiban": kebutuhan alamiah dan kebutuhan moral. ``Jika lebih dari separuh tiangnya putus, rumah itu harus runtuh.'' ``Sebuah tiang yang ditarik dari tangan Anda harus jatuh.'' Perlunya contoh-contoh ini didasarkan pada hukum. Alam. Alam telah merancangnya sedemikian rupa sehingga sekali Anda tidak lagi memegang pena di tangan, pena itu pasti akan jatuh. Persyaratan ini dipenuhi secara otomatis. Saya tidak punya wewenang untuk memantau apakah ini terjadi. Itu terjadi secara alami.

ilmu moralitas

Sekarang setelah Anda mempelajari arti moralitas, Anda siap memahami langkah selanjutnya. Etika adalah ilmu yang membahas tentang moralitas atau  manusia sejauh menyangkut moralitas. Cara lain untuk mengatakan hal yang sama adalah bahwa etika adalah ilmu yang mempelajari perilaku moral. Namun, ada  cara berbeda untuk mempelajari moralitas dan pendekatan ilmiah berbeda terhadap perilaku moral. Di sini kita mengikuti pembagian menjadi tiga pendekatan yang sering dikutip dalam konteks ini: etika deskriptif, etika normatif, dan metaetika.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun