Mohon tunggu...
Elsa SyahdillaFebriyani
Elsa SyahdillaFebriyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

an INFJ

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kertas Kerja/Neraca Lajur dalam Akuntansi (Worksheet)

12 Juli 2024   19:35 Diperbarui: 12 Juli 2024   19:42 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cr: Microsoft Excel

A. Pengertian

Kertas kerja (working paper), atau bisa juga disebut dengan neraca lajur, merupakan suatu kertas berkolom-kolom (berlajur-lajur) yang dirancang untuk menyimpan semua informasi akuntansi yang diperlukan saat membuat laporan keuangan.

Neraca lajur (worksheet) adalah kertas kerja (working paper) yang bisa digunakan akuntan untuk mengikhtisarkan ayat jumlah penyesuaian dan saldo akun untuk penyesuaian laporan keuangan. Mereka juga bisa menggunakan kertas berkolom yang digunakan saat menyusun laporan keuangan. Dengan menggunakan neraca lajur, akuntan dapat mengurangi kesalahan terlupakan salah satu ayat jurnal penyesuaian yang harus dilakukan.

B. Bagian Yang Termasuk Kertas Kerja

Kertas kerja (worksheet) terdiri atas 5 bagian, yaitu :

1. Neraca Saldo

2. Ayat Jurnal Penyesuaian

3. Neraca Saldo Yang Telah Disesuaikan

4. Laporan Laba Rugi

5. Neraca

1. Neraca Saldo

Neraca saldo (trial balance), juga disebut dengan neraca sisa atau neraca percobaan, berisi saldo akun-akun yang ada dalam buku besar perusahaan pada saat tertentu. Neraca saldo adalah tempat yang bagus untuk memulai penyusunan laporan keuangan. Data kolom ini diperoleh dari neraca saldo sebelumnya.

2. Jurnal Penyesuaian

Jurnal penyesuaian (adjustment entries) adalah jurnal yang dibuat untuk menyesuaikan saldo akun yang belum menunjukkan saldo yang sebenarnya ke saldo yang sebenarnya sampai dengan akhir periode akuntansi. Neraca saldo merupakan titik awal yang baik untuk penyusunan laporan keuangan. Data kolom ini berasal dari jurnal penyesuaian yang telah dibuat sebelumnya.

3. Neraca Saldo Disesuaikan

Jumlah saldo setelah disesuaikan dengan jurnal penyesuaian ditunjukkan pada kolom neraca saldo disesuaikan. Saldo perusahaan sudah menunjukkan kondisi perusahaan yang sebenarnya. Angka-angka dalam kolom ini diperoleh dengan menambah atau mengurangi nilai dalam kolom jurnal penyesuaian pada nilai dalam neraca saldo. Jurnal penyesuaian tidak memengaruhi saldo akun, yang langsung dipindahkan ke kolom neraca saldo disesuaikan. 

4. Perhitungan Laba/Rugi

Data dalam kolom ini berasal dari rekening nominal, yang merupakan pendapatan dan beban yang diambil dari neraca saldo yang disesuaikan. Pada kolom ini, jika jumlah kredit lebih besar daripada jumlah debet, perusahaan tersebut menghasilkan laba. Sebaliknya, jika jumlah debet lebih besar daripada jumlah kredit, perusahaan tersebut mengalami kerugian.

5. Neraca

Kolom ini mengandung data rekening rill, yang mencakup harta, utang, dan modal, yang diambil dari neraca saldo disesuaikan. Kolom perhitungan laba/rugi harus memiliki perbedaan jumlah yang sama.

Demikian Tugas Penulisan Artikel Pengantar Akuntansi 2 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun