Mohon tunggu...
Esti Rahayu
Esti Rahayu Mohon Tunggu... Guru - guru bk sma

saya peduli siswa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Dalam Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya

8 Mei 2023   15:01 Diperbarui: 8 Mei 2023   14:58 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Saya Esti rahayu CGP Angkatan 7 Kabupaten Klaten ingin merefleksikan dalam materi pemimpin dalam pengelolaan sumber daya dengan menggunakan Six Thinking Hats yang diperkanlakan oleh Edward de Bono pada tahun 1985 yang dapat melatih kita melihat satu topik dari berbagai sudut pandang yang disimbolkan dengan enam topi 

1. TOPI PUTIH 

Pada kesempatan ini saya mempelajari pemimpin dalam pengelolaan sumber daya ,materi tersebut membahas tentang sumber daya yang dimiliki oleh sekolah , kebetulan dalam  ruang kolaborasi mengambil contoh sekolah yaitu sekolah saya sendiri yaitu SMA N 1 Karangdowo kabupaten klaten . 

2. TOPI MERAH

Saya sangat antusia dan semangat mempelajari modul ini yang sebelumnya tidak pernah saya dapatkan dan pelajari. dalam modul ini sangat membantu sekali dalam pemahaman tentang aset yang ada disekolah dan lingkungan yang bisa kita manfaatkan. selain belajar modul ini juga terbantu dari kegiatan kegiatan eksplorasi konsep dan elaborasi yang sangat luar biasa materinya.

3.TOPI KUNING 

Dalam hal ini yang bisa saya petik atau ambil dari modul ini adalah saya dapat memahami sumber daya yang ada di sekolah dan bisa dijadikan aset kekuatan untuk perkembangan dan kegiatan disekolah ,selain itu untuk memanfaatkanaset kekurangan untuk bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan sekolah 

4. TOPI HITAM 

Kendala dalam mempelajari modul ini banyak hal yang dilakukan disekolah sehingga harus bisa pintar untuk membagi waktuantara tugas penggerak dengan tugas sekolah yang sangat luar biasa , apalagi tugas yang sangat dirasa segera harus diselesaikan tanpa merasa ada waktu untuk beristirahat .

5.TOPI HIJAU 

Mengembanglkan serta memberdayakan kemanfaatan aset yang telah dimiliki oleh sekolah saya ,kemudian mengajak rekan sejawat untuk membantu menginventaris aset aset sekolah dan melakukan pemanfaatan dengan baik 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun