Mohon tunggu...
esther nathania
esther nathania Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar sekolah

pelajar sekolah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Memaknai Nilai Kepedulian terhadap Sesama

18 Oktober 2023   23:01 Diperbarui: 18 Oktober 2023   23:02 240
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebagai manusia pastinya membutuhkan orang lain dalam kehidupan sehari-hari, salah satu hal dapat kita lakukan yaitu dengan bersikap peduli dengan orang disekitar kita. Kepedulian merupakan suatu sikap yang dapat ditunjukkan untuk memahami dan merasakan orang lain yang sedang membutuhkan atau sedang berada dalam kelemahan. Sikap peduli bukan hanya memahami dan membantu, tetapi kita sebagai manusia juga ikut merasakan kesulitan yang dialami oleh orang lain. Kita sebagai manusia harus bisa memahami dan juga merasakan karena kita juga sebagai manusia tidak luput dengan hal tersebut. 

Yohanes 15 : 12

"Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu"

Dalam kutipan Injil tersebut kita dapat melihat bahwa sebagai manusia harus saling mengasihi satu dengan yang lain tanpa pandang bulu. Sikap saling mengasihi dapat dilakukan dengan cara peduli terhadap sesama kita, terutama bagi orang-orang yang berada disekitar kita. Saya pribadi memaknai nilai kepedulian dengan selalu memahami, membantu, dan pastinya ikut merasakan kesulitan yang dialami orang lain. Saya selalu berusaha untuk memposisikan diri saya jika berada dalam kondisi orang sekitar saya yang sedang kesulitan atau dalam kondisi lemah, saya akan sebisa mungkin memahami kondisi yang sedang mereka alami. Tidak hanya memahami dan ikut merasakan, tetapi saya berusaha keras untuk membantu mereka dan menyemangati mereka meskipun terkadang saya sendiri merasa bingung apa yang harus saya lakukan bagi mereka yang sedang berada dalam kelemahan. 

Bagi beberapa orang menjadi pribadi yang peduli itu cukup sulit, tetapi kita sebagai manusia harus sadar bahwa kita harus peduli dengan sesama kita sebagai bentuk kasih yang telah Allah berikan kepada kita.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun