Kiprah master Mie Perto Syamsu Irman dalam urusan berbagi ilmu terus berlanjut. Kali ini acara dilaksanakan di Warung Bejing (Bebek Jingkrak) Kampung Cerewet Bekasi. Seolah menyandang energi tanpa batas, maka pak Syamsu terus berkeliling daerah untuk menularkan ilmunya. Asisten master Mie Perto yang mempopulerkan label mie SEHAT(i), Ibu Yeni, juga tak kalah hebatnya berkeliling di berbagai daerah, terutama di Jogyakarta dan Surabaya. Minggu, 26 September 2010 ini Mie Sehati dan TK Nurul Azizi 3 Surabaya melakukan acara berbagi ilmu bersama pakar otak kanan Ippho Santosa. Seperti biasa yang diutamakan dalam pelatihan bisnis (UKM) Mie Ayam adalah yang datang bukan yang ndaftar, sehingga biarpun belum mendaftar tetapi kalau nekad datang ya tetap dapat kebagian ilmu dari pak Syamsu Irman. Bisnis UKM memang sedang menjamur dimana-mana, sampai-sampai diplesetkan menjadi Usaha Kecil Milyardan. Inilah sektor riil yang sebenarnya sangat membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Setiap diadakan pelatihan bisnis ini, maka pesertanya selalu beragam dan biasanya punya status pegawai aktif di perusahaan masing-masing. Secara kasar dapat dipahami bahwa gaji yang mereka terima masih dibawah standard mereka, sehingga mereka memerlukan usaha tambahan yang berskala kecil menengah dan tidak banyak ribet. Artinya modalnya sedikit, pengelolaannya mudah dan cepat berputar. "Para hadirin ini saya yakin gajinya sudah 10 koma, artinya kalau sudah tanggal 10 sudah mulai koma", begitu biasanya pak Syamsu beranekdot. Banyak sekali hal-hal baru yang dialami oleh para peserta maupun panitia pelatihan. Mereka baru "ngeh" kalau ternyata warna hijau dari Mie Ayam Perto Group adalah warna alami dari daun sawi yang diambil sari warnanya dengan cara dibuat juice memakai mesin blender. Warna-warni yang dipakai untuk memberi warna pada Mie Ayam ini memang semuanya diambil dari warna yang ada pada beberapa sayuran dengan cara diblender dan dibuang ampasnya. Air hasil dari blenderan tersebut kemudian dicampurkan ke dalam adonan tepung dan "biang mie". Satu sachet "biang mie" ini dicampurkan ke dalam 1 kg tepung dan nantinya akan menghasilkan mie ayam sebanyak 18 mangkok (porsi). Masing-masing mangkok mempunyai porsi mie seberat 80 g. Suasana pelatihan biasanya memang jadi seperti "pasar tiban" yang riuh rendah dengan gurauan dan obrolan di sana-sini. Semua peserta biasanya mencoba berperan sebagai koki yang bisa mengerjakan segala pekerjaan yang ada di bisnis mie ayam nantinya. Bila ada warung yang menjadi berubah cita rasa menunya karena kokinya pergi, maka itu tidak akan terjadi di warung mie ayam ini. Pemilik warung adalah koki, sehingga bila pekerjanya keluar, maka tinggal mencari pekerja yang baru dan kokinya tetap sang pemilik warung. Penyakit bisnis UKM pada satu dua tahun pertama biasanya adalah pada masalah sumber daya manusianya. Mereka sering keluar masuk dengan berbagai sebab. Bisa jadi terlalu sedikit gajinya, tidak cocok model pembayaran gajinya atau komunikasi yang tidak nyambung dengan pemilik warung yang juga masih dalam tahap pembelajaran. Dengan sistem pemilik warung adalah koki, maka sedikit banyak masalah sumber daya manusia sudah ada pemecahannya. Masalah yang lain adalah masalah permodalan. Pertanyaan itu selalu muncul di setiap sesi pelatihan. Demikian juga pada acara pelatihan yang baru saja diadakan di Bejing Kampung Cerewet Bekasi. "Modal yang diperlukan agar bisa segera buka usaha adalah tiga juta rupiah" "Termasuk tempat?" "Tentu tidak, angka itu hanya untuk membeli peralatan seperti mesin giling mie, kompor, panci dsb. Soal tempat, maka perlu dipahami bahwa tempat jualan tidak harus mewah. Bahkan kadang hanya cukup satu kursi panjang tanpa meja, karena kadang pelanggan hanya butuh tempat duduk untuk menunggu kita memasak mie. Setelah mienya jadi, mereka bawa pulang ke rumah" "Silahkan buka penjelasan tentang cara memulai usaha mie ayam di situs http://miesehati.com. Disitu cukup lengkap isinya. Termasuk contoh undangan saat grand launching, juga ada resep dan peralatan mie ayam yang bisa langsung diunduh di blog itu" Peserta juga sangat beragam. Mulai dari anak-anak (yang ikut orang tuanya), sampai ke ibu-ibu yang sudah cukup berumur. Meski begitu suasana pelatihan tetap guyub dan penuh dengan semangat. Pada pelatihan ini hadir pula salah satu agen penjual mesin giling mie yang terbukti cukup kuat untuk dipakai berjualan. Bila penjualan harian sudah di atas 5 kg per hari, maka mesin giling mie ini bisa dilengkapi dengan (dynamo) motor, sehingga tidak perlu lagi mempergunakan engkol manual tetapi cukup menekan sebuah tombol (ON) dan mesin akan berjalan dengan sendirinya. Disini terlihat adanya usaha saling menguntungkan antara panitia penyelenggara pelatihan bisnis mie ayam dengan penjual mesin giling mie ayam. Tidak ada sharing profit disini, tetapi sinergi dari sebuah komunitas besar Tangan Di Atas yang memungkinkan semua ini bisa terjadi. Terlihat para peserta sangat antusias mencatat setiap perkataan yang diucapkan oleh pak Syamsu. Beberapa malah mengabadikan melalui camera ataupun movie camera.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H