Mohon tunggu...
Eryani Kusuma Ningrum
Eryani Kusuma Ningrum Mohon Tunggu... Guru - Miss eR

Pengajar Sekolah Dasar... Suka jalan-jalan (travelling)... Suka berkhayal lalu ditulis... Suka menjepret apalagi dijepret... kejorabenderang.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan 10 (Pengelolaan Program yang Berdampak Positif) CGP Angkatan 10_095

7 September 2024   17:22 Diperbarui: 7 September 2024   17:26 528
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamualaikum, saya Eryani Kusuma Ningrum Calon Guru Penggerak Angkatan 10 Jakarta Utara. Pada kesempatan ini saya akan menulis mengenai Jurnal Refleksi Dwi Mingguan pada modul 3.3 tentang Pengelolaan Program yang Berdampak Positif Pada Murid. Jurnal ini sebagai refleksi diri setelah selama dua minggu ke-2 mengikuti kegiatan Pendidikan CGP yang kedepannya akan ditulis secara rutin selama dua mingguan sebagai tugas yang harus dikerjakan oleh calon guru penggerak.

Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yaitu model 4F (Fact, Feeling, Findings, dan Future, yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P yakni : Peristiwa; Perasaan; Pembelajaran; dan Penerapan.

dokpri
dokpri
  1. Peristiwa (Fact)

Modul 3.3 Pengelolaan program yang berdampak positif pada murid adalah modul penutup yang harus dipelajari dalam Pendidikan Guru Penggerak Ini. Sama halnya dengan modul-modul sebelumnya, Modul 3.3 di mulia dengan alur MERDEKA yaitu Mulai dari diri. Pada tahap Mulai dari diri, CGP disuguhkan dengan dua pertanyaan pemantik yaitu apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid dan kaitannya dengan student agency. 

Kemudian di dalam eksplorasi konsep, saya mempelajari tentang bagaimana menyusun program yang berdampak pada murid, bagaimana cara menumbuhkan student agency dengan mempertimbangkan 3 aspek yang dimiliki murid seperti suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan(ownership). 

Kemudian materi tentang lingkungan yang mendukung tumbuh kembangnya kepemimpinan murid, serta pentingnya keterlibatan komunitas dalam menumbuhkan kepemimpinan murid. Dalam forum diskusi eksplorasi konsep, beberapa orang CGP diberikan kesempatan untuk menjelaskan tentang program/kegiatan yang sudah dilakukan sekolah mereka yang berdampak pada murid dan CGP lainnya memberikan umpan balik dari penjelasan tersebut.

dokpri
dokpri
  1. Perasaan (Feeling)

Yang saya rasakan pada minggu kedua ini adalah minggu yang membahagiakan sekaligus menyedihkan. Membahagiakan karena akhirnya kami Calon Guru Penggerak sampai pada modul yang terakhir dalam PGP angkatan 10 ini, meskipun banyak tugas yang harus saya kerjakan, dapat terselesaikan dengan baik dan sesuai jadwalnya. 

Saya juga merasa sangat bahagia, karena saya masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk sampai di titik ini, yaitu sampai pada modul 3.3 dan telah mempelajari materinya di eksplorasi konsep dilanjut dengan melaksanakan Ruang kolaborasi sesi diskusi. Dengan adanya PGP ini, saya akan berusaha untuk mengimplementasikan setiap ilmu yang saya dapatkan di sekolah tempat saya mengajar. Apalagi apa yang akan saya lakukan bersama rekan guru lainnya dapat berdampak positif bagi murid di sekolah.

Dan hal yang menyedihkan bagi saya, karena minggu ini adalah minggu terakhir kami akan melakukan ruang kolaborasi dengan Fasilitator, walaupun secara personal kami belum mengenal secara langsung, tapi saya merasakan banyak sekali ilmu-ilmu yang beliau sampaikan kepada saya yang berkaitan dengan materi di LMS. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun