Mohon tunggu...
Eryani Kusuma Ningrum
Eryani Kusuma Ningrum Mohon Tunggu... Guru - Miss eR

Pengajar Sekolah Dasar... Suka jalan-jalan (travelling)... Suka berkhayal lalu ditulis... Suka menjepret apalagi dijepret... kejorabenderang.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan 5 (Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid) CGP Angkatan 10_095

22 Juni 2024   23:38 Diperbarui: 22 Juni 2024   23:52 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jurnal Refleksi dwi mingguan ini dibuat untuk melengkapi salah satu tugas calon guru penggerak yang dibuat secara rutin tiap dua minggu sekali setelah selesai mempelajari sebuah modul. Kali ini saya Eryani Kusuma Ningrum Angkatan 10_095 akan menulis mengenai refleksi saya tentang seluruh rangkaian kegiatan selama mempelajari modul 2.1 tentang Pemenuhan Kebutuhan Belajar Murid. Jurnal ini sebagai refleksi diri setelah selama dua minggu ke-2 mengikuti kegiatan Pendidikan CGP yang kedepannya akan ditulis secara rutin selama dua mingguan sebagai tugas yang harus dikerjakan oleh calon guru penggerak.

Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yaitu model 4F (Fact, Feeling, Findings, dan Future, yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P yakni : Peristiwa; Perasaan; Pembelajaran; dan Penerapan.

Fact (Peristiwa)

Pada hari Sabtu tanggal 8 Juni 2024, saya mengikuti lokakarya 5 yang bertempat di SMA Negeri 80 Jakarta. Pada lokakarya 5 ini tema yang dibahas adalah tentang Pengelolaan program  yang berpihak pada murid. Dalam kegiatan lokakarya ini masing masing CGP membuat program yang akan diterapkan disekolahnya. Pembuatan program tersebut dimulai dengan menjabarkan B (Buat pertanyaan)  dan A (Ambil Pelajaran). Kemudian Para CGP diberi kesempatan untuk presentasi dimana CGP lainnya memberikan masukan dan saran agar program CGP tersebut dapat lebih baik kedepannya. Dalam hal ini, saya menyampaikan sebuah Prakarsa Perubahan dengan Pengembangan Literasi Digital melalui Blog. Saya membuat ini berdasarkan ketertarikan minat saya terhadap dunia Blog yang khususnya saya tuangkan melalui platform Kompasiana ini. Diharapkan murid saya dapat menyukai literasi khususnya digital melalui blog online ini.

dokpri
dokpri

Feeling (Perasaan)

Saat mengikuti kegiatan lokakarya 5 ini, perasaan saya sangat gembira dan antusias sekali sehingga mempengaruhi motivasi dalam mengikuti kegiatan tersebut. Saya bisa berdiskusi dan berkolaborasi dengan rekan-rekan CGP dari Kecamatan Kelapa Gading dan Pademangan yang hebat. Di mana pada lokakarya 5 ini kami melakukan kegiatan diskusi dengan berbeda kelompok dari Pengajar Praktik yang berbeda. Dalam kegiatan ini saya  sangat senang dan bangga karena banyak mendapat pengetahuan baru dan pengalaman baru.

dokpri
dokpri

Findings (Pembelajaran)

Dari Lokakarya 5 yang telah kami lakukan, banyak sekali pembelajaran yang bisa saya ambil, seperti saya sudah mulai memahami penjabaran BAGJA dalam program sekolah yang saya buat di tempat saya mengajar di SDN Semper Barat 05. Dalam kegiatan tersebut saya banyak berdiskusi dan berbagi pengalamana dengan rekan CGP lainnya terkait masukan dan saran terhadap program sekolah yang sudah saya susun sehingga banyak evaluasi yang dapat saya lakukan. Di sekolah tempat saya mengajar yaitu SDN Semper Barat 05, saya melakukan desiminasi Aksi Nyata Budaya Positif Bersama rekan guru. Hal ini bertujuan menyebarkan informasi positif untuk membuat keyakinan kelas dan budaya-budaya positif agar guru dapat senantiasa profesional dan memahami diri untuk mengajar murid menjadi lebih baik lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun