Jakarta merupakan salah satu kota metropolitan di Asia yang pembangunan sangat berkembang dengan pesat, berdampak langsung dengan pendapatan perkapita warga Jakarta yang diatas rata-rata nasional. Pusat perbelanjaan mewah tidak sedikit dibangun di Jakarta, seperti Plaza Indonesia, Grand Indonesia, Plaza Senayan, Pacific Place, Mal Kelapa Gading, Gandaria City, Mal Taman Anggrek dan Central Park, itu sebagian pusat perbelanjaan mewah untuk kelas menengah keatas, konsumen sangat dimanjakan dengan fasilitas gedung yang serba lux dan mewah, harga barang juga tidak ada yang murah di tenant-tenant di gedung pusat perbelanjaan itu, tetapi tenant tersebut punya pasar tersendiri, tidak akan kehilangan pelanggan setianya, barang mewah seperti fashion dari designer terkenal, tas bermerk, perhiasan, kuliner dan kebutuhan sehari-hari ada di pusat perbelanjjan tersebut. Jakarta tidak pernah sepi, kegiatan bisnis hampir 24 jam, roda kegiatan selalu ramai, untuk menuju ke tempat pusat perbelanjan selalu padat dan macet, parkir selalu penuh. Pengunjung juga selalu dimanjakan dengan pesta diskon setiap akhir pekan atau akhir bulan, brand brand terkenal selalu menjadi sasaran pengunjung. Kalangan menegah atas tidak akan sayang untuk mengeluarkan uangnya untuk membeli brand terkenal. Wisata belanja dan wisata kuliner bisa menjadi target dari tenant-tenant yang setia menyajikan produk unggulan dengan kualitas kelas wahid. Jakarta juga merupakan kota tujuan wisata turis mancanegara dan lokal. Jakarta seharusnya memperhatikan infrastruktur kota yang lebih manusiawi, dimana ketertiban dan kesemrawutan kota harus mendapat perhatian serius dari pemerintah kota DKI Jakarta.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H