Mohon tunggu...
Erwin pujiana
Erwin pujiana Mohon Tunggu... Guru - senang dengan seni

saya lahir di surabaya besar di kediri ingin belajar nulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

8 Model Penulisan Jurnal Refleksi Diri ( Bagian ke 2)

19 September 2024   23:08 Diperbarui: 20 September 2024   18:52 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Erwin Pujiana

8 Model Penulisan Jurnal Refleksi Diri 

(Bagian 2)

Pada pembahasan yang lalu, kita telah mengupas tuntas tentang pengertian jurnal refleksi ,Roda emosi Plutchik dan sekarang kita telah sampai pada tahapan mengupas tentang:

1.Jurnal Refleksi Model 4F (Facts, Feelings,Findings, Facture)

4F merupakan model refleksi yang telah di kembangkan oleh DR Ronger Greenaway. model 4F ini jika di terjemahkan dengan pernyataan adalah sebagai berikut:

  1. Facts artinya adalah peristiwa. Pada bagian ini kita menceritakan tentang pengalaman kita belajar selama minggu ini atau pada saat menerapkan aksi nyata ke dalam kelas. Hal baik apa yang kita alami dalam proses tersebut. Selain itu kita diharapkan juga menceritakan tentang hambatan dan kesulitan kita selama proses pembelajaran pada minggu ini atau saat menerapkan aksi nyata di kelas. Serta apa yang kita gunakan untuk mengatasi hal tersebut.Pada bagian ini  kita dituntut untuk menceritakan tentang urutan peristiwa dari awal kegiatan hingga akhir secara urut. mulai dari Pengalaman, Proses, Cara mengatasi.

  2. Feelings artinya perasaan. Bagian ini kita diarahkan untuk mengungkapkan perasaan kita pada saat pembelajaran? Apa yang kita rasakan ketika menerapkan aksi nyata kedalam kelas?  Menceritakan apa yang membuat kita memiliki perasaan tersebut. Kita pada tahapan ini diharapkan mampu mengungkapkan tentang perasaan kita pada saat kita melakukan penerapan aksi nyata kita di dalam kelas dan kenapa timbul perasaan tersebut.

  3. Findings artinya pembelajaran di sini di harapkan kita mampu untuk memahami pembelajaran apa yang kita dapatkan dari proses ini. Hal baru apa yang saya ketahui mengenai diri kita sendiri setelah proses ini kita laksanakan. Tahapan selanjutnya kita digiring untuk merenungkan tentang pemahaman proses yang kita lakukan itu mendapatkan apa, buat siswa dan buat kita,  setelah proses tersebut.

  4. Future artinya penerapan pada langkah ini adalah apa yang bisa saya lakukan dengan lebih baik jika saya melakukan hal serupa di masa depan. Apa aksi atau tindakan yang akan  saya lakukan setelah belajar dari peristiwa ini

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun