strategi komunikasi promosi yang tidak hanya efektif dalam menarik perhatian pelanggan baru, tetapi juga baik dalam mempertahankan hubungan yang positif dan langgeng dengan pelanggan setia terhadap produk dan layanan perusahaan.
Di tengah persaingan yang semakin ketat, di ikuti dengan perkembangan teknologi pesat globalisasi, perusahaan tidak hanya dituntut untuk memprluas jaringan market mereka, namun juga harus mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Maka penting bagi perusahaan memilikiMenurut Corneliseen (2008:95), mengelola komunikasi perusahaan membutuhkan suatu strategi komunikasi yang mampu menggambarkan citra umum yang menjadi tujuan perusahaan melalui pengolahan pesan-pesan kepada stakeholder. Effendi (2003:301) juga mengatakan bahwa strategi komunikasi pada hakekatnya adalah perencanaan dan manajemen untuk mencapai satu tujuan. Untuk mencapai tujuan tersebut, strategi komunikasi memiliki peran sebagai penunjuk arah, oleh karena itu sangat penting dibutuhkan bagi perusahaan.
Terutama bagi perusahaan besar yang bergerak di bidang informasi dan layanan masyarakat seperti Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara. Perusahaan berita milik negara Indonesia yang berperan sebagai kantor berita, tidak hanya menyajikan peberitaan yang actual dan bertanggung jawab, namun juga harus mampu mempertahankan customer loyalty yang menjadi tantangan besar karena semakin banyaknya penyedia berita layanan yang sama. Tantangan tersebut tentu akan berdampak besar bagi pertahanan target market Antara bahkan citra dan nama baik Antara jika tidak di kelola dengan baik.
Loyalitas pelanggan memiliki peran yang dapat diandalkan dalam meningkatkan keberlanjutan jangka panjang dan memprediksi perilaku pembelian yang konsisten terhadap produk dan layanan yang dimiliki oleh LKBN Antara. Melalui kunjungan yang dilakukan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Ponorogo ke LKBN Antara Jakarta Pusat, memberikan pengetahuan bermanfaat tentang cara Antara dalam mempertahankan customer loyalty terhadap produk dan layanan yang dimiliki oleh LKBN Antara.
LKBN Antara menerapkan strategi komunikasi promosi dengan penguatan portal kerekdasian yang akurat dan terpercaya, terutama di era digital saat ini, di mana terdapat berbagai platform dan perusahaan penyedia berita dengan strategi penulisan yang berbeda di setiap perusahaan agar menghasilkan berita yang laris dikonsumsi masyarakat, hingga terkadang tidak memperhatikan keakuratan isi beritanya. Oleh karena itu, LKBN Antara harus mampu bersaing dengan menerapkan portal redaksi yang kuat dan terpercaya dalam mempertahankan customer loyalty mereka. Selanjutnya menurut Fatian dan Gholamian (Pratminingsih 2013:105), loyalitas pelanggan terjadi ketika pelanggan membeli produk atau jasa secara berulang, dan bersikap positif terhadap barang dan jasa dari perusahaan.
Artikel ini akan membahas strategi komunikasi promosi yang digunakan LKBN Antara dalam mempertahankan customer loyalty terhadap produk dan layanan, dengan mempertimbangkan pentingnya tema ini turut disertakan hasil keterangan melalui wawancara dan pengamatan selama kunjungan perusahaan.
Berlangsungnya kunjungan perusahaan di LKBN Antara, pemaparan yang disampaikan mengenai strategi komunikasi promosi dalam mempertahankan loyalitas pelanggan, menunjukkan bahwa LKBN Antara memiliki strategi yang luas dan analisis yang kreatif untuk menjaga dan mengembangkan customer loyalty agar tetap berlangganan pada produk layanan Antara.
Berdasarkan hasil wawancara, strategi komunikasi promosi yang digunakan LKBN Antara dalam mempertahankan customer loyalty : (Prasetyo Utomo, Redaktur Pelaksana LKBN Antara),
1. Menguatkan Media Sosial
LKBN Antara menyadari bahwa media sosial seperti You Tube, Instagram, Influencer, bahkan buzzer dan sebagainya membawa dinamika kencang dalam tersampaikannya sebuah berita. Maka dari itu, antara memiliki sub bagian redaksi khusus yang bernama Redaksi Viral Radal Jaringan Anti Hoax, redaksi ini beranggotakan mayoritas anak muda yang memang kehidupannya bersinggungan langsung dengan media sosial setiap harinya.
Redaksi ini dibentuk khusus untuk menguatkan berita yang dikeluarkan oleh Antara, dikemas melalui model konten kekinian sesuai format media sosial yang ingin dituju sehingga cocok dengan era digital saat ini, dimana masyarakat sangat tanggap terhadap konten yang dikemas sedemikian rupa, tanpa mengurangi kekuatan dan nilai informasi yang terkandung di dalamnya.
2. Menguatkan Sisi Keredaksian
Sebagai kantor berita nasional, LKBN Antara memegang teguh pemberitaan yang akurat, cepat, dan terpercaya karena ketika sebuah kantor berita menerapkan tiga hal tersebut maka akan menjadi rujukan pemberitaan oleh semua kalangan bahkan media massa. Pada saat berita yang dikeluarkan oleh antara lebih cepat dan akurat tersebar, maka secara otomatis akan menjadi rujukan pemberitaan-pemberitaan yang lain.
3. Transformasi Bisnis
LKBN Antara menjadi satu-satunya kantor berita yang dimiliki oleh pemerintah Indonesia, secara otomatis antara mendapatkan subsidi dari pemerintah untuk kesejahteraan Antara. Namun tidak hanya itu, untuk tetap mempertahankan kesejahteraan dan kesetiaan pelanggan pada Antara, tentu Antara harus mengepangkan sayap yang lebar di berbagai sektor salah satunya yakni dunia bisnis.
LKBN Antara memiliki kebebasan untuk melakukan perkembangan bisnis yakni melalui layanan yang disediakan untuk klien-klien seperti menjadi EO untuk sebuah acara besar mulai dari pengelolaan tempat, persewaan, lobbying narasumber, dan juga pembuatan agenda setting pemberitaan, contohnya bekerja sama dengan Pertamina dalam penyusunan agenda setting selama satu tahun dengan sebuah narasi utama yang sudah direncanakan.
Dengan adanya trasformasi bisnis ini sebagai bentuk usaha Antara dalam mengelola hubungan baik yang meyakinkan dan bertanggung jawab dengan pelanggan, dan memperluas jaringan komunikasi promosi LKBN Antara dalam berbagai sektor untuk menggaet pelanggan baru dengan berbagai produk dan layanan yang ditawarkan.
Selain strategi-strategi diatas, dalam mempertahankan customer loyalty Antara terus menjaga kualitas dan kekuatan pemberitaan yang seimbang dengan cara menurunkan personel di setiap daerah yang tersebar di Indonesia, hal ini bertujuan untuk mendapatkan visualisasi berita berupa foto-foto yang asli sesuai di tempat kejadian.
LKBN Antara juga memiliki wartawan sekitar 300 orang yang tersebar untuk menghasilkan 100-150 foto setiap harinya. Hal ini juga berfungsi sebagai clearing hous yang membantu meluruskan berita-berita hoax, tidak hanya itu LKBN Antara berkomitmen menjaga keakuratan berita dengan menerapkan sikap netral terhadap biro atau lembaga-lembaga yang bekerja sama dengan Antara.
LKBN Antara juga mempunyai CSR yang merawat ekosistem media di seluruh Indonesia dengan berlangganan paket berita di Antara, dengan keuntungan agar mendapatkan berita yang real, objektif dan anti hoax. Berbagai macam usaha, strategi dan inovasi dilakukan Antara untuk mempertahankan customer loyalty terhadap berbagai macam produk dan layanan LKBN Antara untuk masyarakat, berikut jenisnya :
1. ANTARA NEWS
Melayani distribusi berita berbasis web, yang memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses berita terkini berbagai kategori selama 24 jam setiap hari. Portal berita Antara (www.antaranews.com) didukung oleh jaringan pemberitaan global, portal ini menawarkan ragam informasi yang telah menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna internet seluruh dunia. Dengan jumlah halaman terakses mencapai 7 juta setiap bulan, peringkat portal ini semakin menanjak berdasarkan data perusahaan pemeringkat situs Alexa.com.
2. ANTARA FOTO
Menjadi salah satu produk unggulan LKBN Antara adalah foto berita, divisi ini kerap disebut ANTARA Foto, dengan jumlah pewarta jurnalistik yang tersebar di seluruh Indonesia dengan kemampuan yang tidak diragukan lagi.
Kerap menjadi Official Host Photographer berbagai acara internasional dan nasional, membuat ANTARA Foto semakin teruji kancahnya dalam dunia fotografi jurnalistik. Saat ini, ANTARA Foto memproduksi, mendistribusikan dan menyiarkan foto yang membidik berbagai peristiwa, seperti politik, ekonomi, olahraga, sosial budaya, lingkungan dan human interest baik dalam negeri maupun luar negeri dengan format resolusi tinggi (hi-res) yang dapat dinikmati melalui situs www.antarafoto.com.
3. ANTARA PR WIRE
ANTARA Press Release Wire merupakan unit bisnis LKBN Antara yang bergerak dibidang penyebar luasan siaran pers ke media masa. Siaran pers dari pengguna jasa ANTARA PR Wire secara otomatis akan dimuat portal www.antaranews.com. ANTARA PR Wire dapat mendistribusikan Press Release ke lebih dari 3.500 website, 8.000 organisasi media dan publikasi, dan 1,5 juta komputer pelanggan profesional di 70 negara.
4. ANTARA TV
Salah satu unit penyempurna jasa layanan yang di miliki LKBN Antara adalah ANTAR TV yang menyediakan konten audio visual dibawah naungan Perum LKBN Antara. Antara berpegang teguh pada keakurat cepat dan terpercaya sehingga ANTARA TV menyajikan berita yang akurat dan terpercaya mengenai apa yang terjadi di nusantara.
5. ANTARA SCHOOL OF JURNALISM
Lembaga Pendidikan Jurnalistik Antara (LPJA) adalah unit pendidikan dan pelatihan milik LKBN Antara. Kegiatannya meliputi jurnalistik, media dan public relations, dan bidang-bidang lain yang mendukung. Dengan tenaga pengajar yang profesional di bidangnya, pelatihan ini ditunjukan untuk seluruh masyarakat baik yang sudah bekerja ataupun individual yang ingin menguasai keahlain yang dibimbing dan diasuh oleh wartawan senior dan fotografer ANTARA. Lokasi belajar di Gedung LPJA Pasar Baru Jl. Antara 59 Jakarta Pusat.
6. KANTOR BERITA ANTARA
LKBN Antara memiliki beragam inovasi untuk menghadapi perkembangan teknologi salah satunya yakni COMETS -- Content & Media Technology Solutions muncul sebagai salah satu jawaban atas kebutuhan berbagai entitas bisnis. COMETS yang berperan sebagai penghasil konten dengan format visual dan multimedia yang dirancang untuk kebutuhan media online dan digital sehingga azas convergensi benar benar ditampilkan dalam format konten yang mencakup teks, foto dan video.
7. GALERI FOTO JURNALISTIK ANTARA
Tidak hanya sebagai galeri foto GFJA juga menjadi tempat mengasah ilmu foto jurnalistik bagi penggemar foto grafi. Galeri Foto Jurnalistik memamerkan karya pawarta LKBN Antara, fotografer nasional dan internasional. Juga sebagai wadah berkumpul komunitas komunitas fotografi.
Strategi komunikasi pada hakekatnya adalah perencanaan dan manajemen untuk mencapau tujuan, tentu berkesinambungan dengan cita-cita dan tujuan LKBN Antara yakni mempertahankan kesetiaan pelanggan atau customer loyalty terhadap produk dan layanan yang dimiliki. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan, hingga saat ini LKBN Antara mempunyai strategi komunikasi promosi yang beragam dan luas mulai dari bidang penguatan media sosial, penguatan redaksi hingga menciptakan transformasi bisnis yang banyak macamnya seperti Antaranews, Antarafoto, Antaraprwire, AntaraTV, Antara School of Jurnalism, Antara Kantor Berita, dan Galeri Foto Jurnalistik Antara.
Hal ini menunjukkan bahwa LKBN Antara siap menhgadapi perkembangan dan persaingan ketat di era digital ini, khususnya di bidang informasi dan layanan. Dengan strategi komunikasi promosi yang beragam, akan mampu membangun, mempertahankan, dan mengembangkan hubungan baik dengan pelanggan sehingga customer loyalty akan melekat pada produk dan layanan yang dimiliki oleh LKBN Antara.
Referensi
- Hariyati, F., & Sovianti, R. (2021). Strategi komunikasi pemasaran dalam mempertahankan customer loyalty pada Hotel Salak Bogor, Indonesia. Coverage: Journal of Strategic Communication, 11(2), 52-65. Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Pancasila.
- Perum LKBN ANTARA. (n.d.). ANTARA Corporate Website. Diakses pada 30 Januari 2025, dari https://korporat.antaranews.com/
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI