Mohon tunggu...
Sosbud

Proyek TOL Kalimalang: "Siapa yang untung? Pengusaha Buntung"

10 April 2015   17:29 Diperbarui: 17 Juni 2015   08:17 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
14286615561956388725

Sudah hampir dua bulan Proyek Pembangunan Jalan tol di sepanjang jalan Kalimalang berjalan. Sudah banyak bangunan yang di bongkar, tanah yang di keruk, dan Pengusaha kecil yang merugi bahkan harus tutup. Saya sebagai salah satu pengusaha kecil yang menyewa tanah dipinggir jalan raya Kalimalang merasa sangat tercekik. Sudah dua bulan saya merugi, sangat merugi. Mungkin bukan hanya saya yang merasakan, tapi banyak dan saya yakin mereka sebenarnya sangat amat ingin marah dan mengamuk. Tapi mau marah dan mengamuk dengan siapa. Kami hanya rakyat jelata yang tidak ada harganya dimata para pemegang kekuasaan.  Sang tuan tanah seolah tidak perduli dengan apa yang terjadi disini. Saya berharap dengan tulisan ini Pemerintah bisa bertindak dengan adil dan benar sebagai bentuk pertanggung jawaban atas proyek ini.

Sudah tiga kali saya membuat posting di Aplikasi yang katanya di buat untuk aduan masyarakat (Qlue) tapi nyatanya tindak lanjut hanya berupa kunjungan yang menurut saya hanya bentuk pencitraan yang ngadem-ngademin. Terhitung sejak akhir Februari proyek ini mulai berjalan dengan pemberitahuan dan persiapan yang menurut saya sangat terburu-buru dan dipaksakan. Entah benar atau tidak, tapi menurut pengakuan pemilik tanah usaha yang saya tempati belum ada kompensasi pengganti yang di berikan pemerintah atas penggusuran ini. Saya sudah bertanya dengan tetangga di kanan kiri dan ternyata memang belum ada ganti yang diberikan pemerintah. pantas saja pemilik tanah sewa yang saya tempati seolah tidak mempedulikan keluhan saya. Ada begitu banyak usaha disepanjang jalan Kalimalang ini. Mereka dengan terpaksa harus merogoh kantong dalam dalam untuk “membantu” proyek ini. Untuk mereka pengusaha besar mungkin tidak masalah, tapi bagaimana dengan pengusaha kecil??

Tanah di keruk begitu dalam sehingga menjadi “jurang” antara jalan raya dan tempat tempat usaha. Material belum ada, tanah dibiarkan begitu saja menganga dan tidak ada pengerjaan apa-apa. Belakangan kawasan pembongkaran semakin dilebar dan diperpanjang ke arah jakarta. Saya sempat mendengar ada sekelompok pengusaha dan masyarakat yang demo karena pembongkaran ini merugikan mereka. Tapi toh ternyata seperti yang saya duga. Itu tidak akan di dengar. Lagi-lagi pada akhirnya kami yang dipaksa mengalah karena sudah lelah. Entah apa yang di rencanakan, ini semua seperti cara halus mengusir kami para pengusaha kecil dari kawasan Jalan kalimalang. Kenapa saya beropini begitu? ya karena yang saya lihat. hanya usaha-usaha besar yang masih diberikan akses jalan sehingga bisa tetap beroprasi.

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun