Mohon tunggu...
Ervina Hesti Utami
Ervina Hesti Utami Mohon Tunggu... -

18 years old.

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Pentingnya Manajemen Waktu

3 Desember 2011   08:15 Diperbarui: 25 Juni 2015   22:53 10174
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Manajemen waktu adalah kemampuan untuk mengalokasikan waktu dan sumber daya (yang terbatas) untuk mencapai tujuan yang kita kehendaki. Untuk dapat memanajemen waktu yang tepat, kita harus cermat dalam mengatur porsi baik untuk beribadah (untuk Tuhan), untuk diri sendiri, untuk bekerja, bahkan untuk kegiatan sosial yang lain.

Sebagai mahasiswa, kita tentu ingin lebih produktif dibandingkan saat menjadi seorang siswa SMA. Kita pasti tidak ingin menjadi mahasiswa 3K yang kegiatan sehari – harinya hanya kos, kampus, kantin. Untuk menjadi mahasiswa yang luar biasa, kita harus aktif mengikuti kuliah, kegiatan kampus, serta berorganisasi. Maka dari itulah sebagai mahasiswa perlu adanya manajemen waktu yang tepat.

Manajemen waktu harus di lakukan dengan tepat karena hal ini berkaitan dengan waktu yang sifatnya tidak dapat disewa, dipinjam, dibeli, tidak bisa berubah, tidak bisa disimpan, dan dikumpulkan, serta tidak ada penggantinya.

Kita harus selalu memperhatikan waktu yang kita punya. Kita juga harus merefleksikan bagaimana kita menghabiskan waktu, kapan kita mengahabiskan waktu dengan sia – sia, serta mengetahui bagaimana kita harus produktif.

Untuk  menghabiskan waktu, kita harus merencanakannya dengan baik. Misalnya dengan membuat jadwal harian, jadwal mingguan, jadwal bulanan dan jadwal tahunan. Selain itu kita juga harus menentukan target dan mimpi kita dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Untuk mengatur waktu kita dapat menggunakan cara – cara berikut        : 1. Buatlah rencana harian 2. Diawali dengan menentukan prioritas a. Penting mendesak b. Penting tidak mendesak c.  Mendesak tidak penting d. Tidak penting, tidak mendesak 3. Batasi waktu setiap pekerjaan 4. Gunakan kalender dan tulislah semua pekerjaan 5. Deadline 6. Belajar berkata tidak 7. Tentukan target lebih awal 8. Atur reminder sebelumnya 9. Fokus 10. Cegahlah perampok waktu Jika kita dapat melakukan cara – cara diatas dengan baik, maka manajemen waktu kita tentu akan lebih baik. Kesempatan untuk mencapai mimpi juga akan lebih terbuka.

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun