Halo teman-teman kembali lagi dengan saya!
Kali ini saya akan membahas refleksi saya tentang beberapa hal dalam penggunaan google classroom bagi Guru, Dosen, siswa dan Mahasiswa dengan menggunakan 4 unsur (STAR).
Penggunaan classroom memiliki banyak manfaat dalam situasi pembelajaran, seperti:
1. Organisasi: Â Classroom bisa membantu mengatur materi pembelajaran, tugas, dan jadwal, sehingga siswa dan guru atau dosen dan mahasiswa dapat dengan mudah mengakses informasi yang diperlukan.
2. Kolaborasi: Ini memungkinkan siswa untuk berkolaborasi dalam proyek, berbagi dokumen, dan berkomunikasi dengan guru dan sesama siswa.
3. Evaluasi: Guru dapat menggunakan classroom untuk memberikan dan mengelola ujian, tugas, dan kuis, serta melacak perkembangan siswa.
4. Ketersediaan: Classroom dapat diakses secara daring, memungkinkan akses pembelajaran dari mana saja dengan koneksi internet, yang semakin penting dalam situasi pembelajaran jarak jauh.
5. Pembelajaran yang Terukur: Dengan classroom, guru dapat mengukur kemajuan siswa, memberikan umpan balik, dan menyesuaikan metode pengajaran sesuai kebutuhan siswa/ mahasiswa.
Ada juga beberapa kondisi yang menjadi latar belakang masalah mengapa penggunaan classroom dalam pendidikan sangat relevan:
Pendidikan Jarak Jauh, Situasi pandemi COVID-19 telah memaksa banyak lembaga pendidikan untuk beralih ke pembelajaran jarak jauh. Classroom membantu mengatasi tantangan ini dengan menyediakan platform pembelajaran daring yang efektif.
Kesulitan dalam Manajemen Materi, Â Banyak guru menghadapi kesulitan dalam mengelola materi pembelajaran dan tugas di lingkungan fisik. Classroom menyediakan alat untuk mengorganisasi dan membagikan materi dengan mudah.
Kebutuhan akan Keterlibatan Siswa, Classroom dapat membantu meningkatkan keterlibatan siswa melalui fitur-fitur seperti forum diskusi, kolaborasi proyek, dan umpan balik interaktif.
Dengan kemajuan teknologi, terutama di bidang komunikasi dan internet, platform seperti classroom memberikan cara efisien untuk berkomunikasi, mengajar, dan belajar secara daring.
Classroom membantu meningkatkan akses pendidikan dengan menyediakan pembelajaran online, yang dapat diakses oleh siswa di berbagai wilayah dan latar belakang.
Classroom memungkinkan guru untuk melacak perkembangan siswa secara lebih efektif, memberikan umpan balik, dan mengelola penilaian, yang merupakan tantangan dalam pengajaran konvensional.
Nah Dalam situasi seperti ini, classroom menjadi solusi yang relevan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut dan memberikan pendidikan yang lebih terstruktur, efisien, dan inklusifÂ
Selanjutnya Mahasiswa juga memiliki peran dan tanggung jawab tertentu ketika menggunakan Google Classroom, yaitu:
1. Mengakses Materi Pembelajaran: Mahasiswa harus secara teratur masuk ke Google Classroom untuk mengakses materi pembelajaran, tugas, bahan bacaan, dan sumber daya yang disediakan oleh dosen.
2. Mengikuti Instruksi Dosen: Mahasiswa harus mematuhi instruksi dari dosen, seperti mengumpulkan tugas tepat waktu, berpartisipasi dalam diskusi, dan mengikuti jadwal kuliah virtual jika ada.
3. Berkomunikasi dengan Dosen dan Rekan Sejawat: Google Classroom memungkinkan mahasiswa untuk berkomunikasi dengan dosen dan rekan sejawat melalui komentar, surel, atau obrolan. Mahasiswa harus menggunakan fitur ini untuk bertanya, berdiskusi, dan berkolaborasi dalam pembelajaran.
4. Memantau Progres dan Evaluasi Diri: Mahasiswa dapat melacak progres akademik mereka, seperti nilai tugas dan ujian, serta mengambil tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja mereka.
5. Menjaga Kehormatan Akademik: Mahasiswa harus mematuhi kebijakan kehormatan akademik dan menghindari tindakan penjiplakan atau kecurangan dalam tugas dan ujian.