(seri buku PTK 1.4)
Sejatinya, perumusan tujuan PTK, berawal dari masalah apa yang dihadapi dalam PTK itu. Untuk memahami tujuan pelaksanaan PTK, disesuaikan dahulu ke dalam masing-masing konteks (masalahnya).
PTK bila dikaitkan dengan pengelolaan kelas, bertujuan untuk:
a.Meningkatkan kegiatan belajar mengajar;
b.Meningkatkan partisipasi siswa dalam belajar;
c.Menerapkan pendekatan belajar mengajar yang inovatif;
d.Mengikutsertakan pihak ke tiga dalam proses belajar mengajar (PTK kan bersifat kolaboratif).
PTK bila dikaitkan dengan proses belajar mengajar, bertujuan untuk:
a.Menerapkan berbagai alternative metode mengajar;
b.Mengembangkan kurikulum;
c.Meningkatkan peranan siswa dalam belajar;
d.Memperbaiki metode evaluasi.
PTK bila dikaitkan dengan penggunaan sumber-sumber belajar, bertujuan untuk:
a.Mengembangkan pemanfaatan model atau alat peraga;
b.Mengembangkan pemanfaatan sumber-sumber lingkungan;
c.Mengembangkan pemanfaatan alat peraga tertentu lainnya.
PTK bila diakaitkan dengan personal dan keprofesionalan guru, bertujuan untuk:
a.Meningkatkan hubungan antara siswa, guru, dan orang tua;
b.Meningkatkan “konsep diri” dari masing-masing siswa dalam belajar;
c.Meningkatkan sifat dan kepribadian siswa;
d.Meningkatkan kompetensi guru secara professional.
Semoga bisa membantu
(Masnur Muslich)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H