Minggu, 22 Januari 2023
Pringgasela, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik UNRAM 2022/2023 melaksanakan Sosialisasi terkait pemasaran usaha tenun dan implementasi media sosial sebagai aksesbilitas marketing di Desa Pringgasela, Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur, Minggu [22/01/2023].
Sehubung tenun ini menjadi salah satu mata pencaharian warga desa, dan dengan melihat perkembangan teknologi yang ada pada abad sekarang ini dimana kita mau tidak mau harus melek akan teknologi. Apalagi melihat adanya aplikasi-aplikasi e-commerce dengan pengunjung yang terus bertambah setiap tahunnya seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dll dapat memudahkan seseorang berjualan tanpa terhalang jarak dan waktu.
Oleh karena itu, Mahasiswa Tematik Unram 2022/2023 yang melaksanakan kegiatan KKN di Desa Pringgasela, Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur mengadakan kegiatan sosialisasi terkait pengembangan kewirausahaan pada tenun yang merupakan potensi di Desa Pringgasela guna memperbaiki perekonomian masyarakat Desa Pringgasela serta menambah jiwa kewirausahaan.
Sosialisasi yang diadakan oleh mahasiswa KKN Tematik UNRAM ini lebih fokus membahas terkait pemasaran melalui sosial media. Sosial media merupakan salah satu media pemasaran yang cukup efisien dan efektif dalam kegiatan promosi serta cakupan konsumen yang sangat luas.
Oleh karena itu, sosial media menjadi salah satu kebutuhan yang paling banyak digunakan pengusaha kecil maupun pengusaha besar dalam mempromosikan berbagai macam produk. Adapun sosial media yang digunakan pada sosialisasi ini adalah Instagram, facebook, serta platform lainnya seperti website.
Kegiatan sosialisasi ini diadakan di MI NW Pringgasela dan dihadiri oleh Sekretaris Desa, Ketua Pemuda, kelompok tenun Pringgasela  serta beberapa tokoh masyarakat juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi ini.
Arya Firmansayah (F1A019021) selaku ketua KKN Tematik Universitas Mataram 2022/2023 ditunjuk sebagai pemateri yang akan menjelaskan terkait dengan pentingnya media sosial sebagai aksesbilitas marketing.