Mohon tunggu...
Erni Wardhani
Erni Wardhani Mohon Tunggu... Guru - Guru, penulis konten kreator (Youtube, Tiktok), EO

Guru SMKN I Cianjur, Tiktok, Youtube, Facebook: Erni Wardhani Instagram: Erni Berkata dan Erni Wardhani. Selain itu, saya adalah seorang EO, Koordinator diklat kepala perpustakaan se-Indonesia, sekretaris bidang pendidikan Jabar Bergerak Provinsi, Pengurus Komunitas Pengajar Penulis Jawa Barat, Pengurus Komunitas Pegiat Literasi Jawa Barat, Pengurus IGI kabupaten Cianjur, sekretaris Forum Kabupaten Cianjur Sehat, Founder Indonesia Berbagi, Tim pengembang Pendidikan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Provinsi Jawa Barat, Humas KPAID Kabupaten Cianjur.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tugas 1.3.a.6 Demonstrasi Kontekstual Modul 1.3 Visi Guru Penggerak (IA - BAGJA)

3 Oktober 2022   21:30 Diperbarui: 3 Oktober 2022   21:52 29624
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Fasilitator: Bambang Effendi

Pengajar Praktik: Hertin Nopianti

Pada modul ini, saya akan mencoba memaparkan tentang paradigma Inquiry Apresiatif, Kalimat Prakarsa perubahan dan Menyusun BAGJA

Tujuan Pembelajaran Khusus:

  1. CGP berlatih menerapkan paradigma Inkuiri Apresiatif untuk mengidentifikasi potensi diri dan membuat kalimat prakarsa perubahannya.
  2. CGP berlatih menyusun BAGJA menurut kalimat prakarsa perubahan diri yang telah dibuat untuk kemudian menjalankannya.

1.Paradigma Inquiry Apresiatif 

merupakan manajemen perubahan yang bersifat kolaboratif dan berbasis kekuatan. Inquiry Apresiatif menggunakan prinsip-prinsip utama psikologi positif di sekolah. Jadi, bukan hal negatif yang diangkat, melainkan mengubah hal negative tersebut menjadi bunyi yang positif terlebih dahulu, sehingga akan berdampak positif dan menimbulkan sugesti yang baik pula. Tahapan pertama bisa dengan mengidentifikasi hal positif apa/ potensi yang ada di sekolah, dan mencari cara bagaimana hal tersebut dipertahankan. Dan memunculkan strategi untuk memunculkan strategi untuk mewujudkan kea rah yang lebih positf.

2. Kalimat Prakasra Perubahan

Mengembangkan Kemandirian Murid yang Berprofil Pelajar Pancasila

3.Rancangan Tindakan Perubahan Berdasarkan BAGJA

BUAT PERTANYAAN UTAMA (B)

PERTANYAAN:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun