Mohon tunggu...
Erni Wahyuni
Erni Wahyuni Mohon Tunggu... -

penulis

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Kakak Saya Caleg Baik (Surat terbuka)

7 April 2014   13:40 Diperbarui: 23 Juni 2015   23:58 319
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kakak Saya Caleg Baik

(Surat terbuka)

Assallamu alaikum warahmatulillahi wabarakatuh.Salam sejahtera bagi kita semua.___ Alhamdulilah, kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, atas limpahan rahmad, berkah dan hidayah-NYA kepada kita semua. Salam dan syalawat kita sampaikan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW.Kami juga berdoa semoga saudara, sahabat dan keluarga semua selalu dalam lindungan Allah SWT,selalu diberikan kesehatan, diberi kelancaran rezeki dan kesuksesan dalam usaha. Mohon maaf sebelumnya,hari Rabu, 9 April 2014, kita akan melaksanakan Pemilu Legislatif. Di antara Caleg, ada kakak saya, H. AKHMAD ZAILANI SP.i dariPartai NasDem nomor urut 5 Dapil Kukar-Kubar. Mungkin di antara saudara, kakak-kakak yang lebih tua dan sahabat kebetulan sudah ada yang kenal.

Bagi yang belum mengenal, kakak saya,wartawan atau aktifis media massa. Pernah menjadi wartawan koran harian Suara Kaltim, wartawan/redaktur koran harian Poskota Kaltim, pimpinan redaksi tabloid keagamaan Qalam, pimpinan redaksi tabloid Qolbu, pimpinan redaksi majalah METRO dan beberapa koran lainnya. Kakak saya juga penulis buku, di antaranya Wajah Parlemen Samarinda – Anggota DPRD Samarinda dari masa ke Masa (kerjasama dan diterbitkan DPRD Samarinda), Melawan Air di Kota Air – Upaya mengtatasi banjir di kota Samarinda (diterbitkan Pemkot Samarinda), Catatan Kecil Tentang Kerja Besar Achmad Amins (diterbitkan Pemkot Samarinda), Bintang di Tengah Ladang (buku tentang pertanian).Selain menulis berita dan tulisan lainnya, kakak saya juga suka menulis cerpen dan puisi sejak SMP. Beberapa cerpennya di antaranya termasuk dalam buku antologi bersama penggarang lainnya di Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand dan Kamboja.Di antaranyaAminah Sjoekoer di Atas Kapal Nederland (cerpen kakak saya ini terhimpun satu buku bersama penggarang 5 negara lainnya), Suara 5 Negara (kumpulan puisi 5 negara), Sinar Siddiq dan kepada Sahabat (kumpulan puisi daripenyair 5 negara) dan beberapa buku lainnya. Bersama penggarang dan penyair Indonesia juga membukukan karya melalui 3 buku sastra kritik sosial, judulnya Semangkuk Nasi dan Presiden, Negeri Sembilan Matahari dan Langit Terbakar Saat Anak-anak itu Lapar, yang launching bukunya di Denpasar Bali. Di bidang penulisan ini kakak saya juga berprestasi, di antaranya pernah menjadi juara pertama Lomba menulis resensi buku yang diadakan perpustakaan Kaltim, pernah menjadi juara pertama dalam penulisan kategori tulisan populer (untuk media)Lingkungan Hidup, yang diselenggarakan oleh VICO Balikpapan, pernah sebagai Juara ke 2 lomba penulisan cerpen daerah Kaltim yang diselenggarakan Dharma Wanita Kaltim, juara puisi Lingkungan Hidup yang diadakan AMPI Kaltim, juara ke 2 lomba penulisan Keluarga Berencana yang diadakan BKKBN Kutai dan lainnya. Kakak saya juga berani dan kritis, itu ditunjukkannya atau dibuktikan dari penilaian NDI, sebuah organisasi nirlaba internasional, atas tulisannya yang berjudul Membongkar Bisnis Sampingan ABRI, saat itu ditulis menjelang lengsernya Presiden Soeharto.

Singkatnya, kakak saya ini kami nilai pantas untuk mewakili masyarakat di DPRD Kaltim. Kakak saya bersedia dan untuk pertama kalinya menjadi caleg, setelah sebelumnya selalu beralasan menjadi anggota dewan itu berat karena harus memperjuangkan kepentingan masyarakat.Menurut kakak saya, biar lah, bila pun gagal dia tak ingin menjadi Caleg lagi (terakhir/jera), bila pun dipercaya masyarakat, maka siap dan bersedia bekerja untuk kepentingan masyarakat. Karena selain bertanggung jawab kepada masyarakat, kakak saya bilang, orang yang diberi amanah itu juga harus mempertanggungjawabkan perbuatannya kepada Allah SWT. Kakak saya, tidak ingin melakukan politik uang,karena bila jadi tak ingin melakukan korupsi (dengan mengembalikan uang yang telah dibagikan). Apalah artinya uang Rp 100 ribu untuk 5 tahun Selain itu kami juga buikan orang kaya hanya hidup sederhana. Almarhum ibu saya saat masih hidup selalu mengingatkan,untuk meraih cita-cita jangan melakukan kecurangan dan menyakiti hati orang lain. Apalagi untuk kepentingan orang banyak.Saya yakin, kakak saya akanamanah dan bisa dipercaya. Kami diajarkan untuk jangan sekali-kali mengambil hak orang lain.

O, iya untuk pengabdian (sekilas rekam jejak) kakak saya cukup baik. sebelumnya,kakak saya ini juga pernah mengabdi sebagai anggota Sarjana Penggerakan Pedesaan (SP3) melalui Diknas Kaltim selama 2 tahun di Desa Sungai Tuak Pasir Belengkong Paser dan anggota Bakti Sarjana Membangun Desa (BSMD) di Kecamatan Kota Bangun Kutai Kartanegara (melalui Pemkab Berau).Kepedulian kakak saya lainnya,saat menjadi wartawan harian Suara Kaltim, kakak yang mengusulkan dan memperjuangkan insentif Ketua RT dengan dukungan dari beberapa anggota dewan dan Walikota Samarinda H. Akhmad Amins setelah reformasi pada tahun 2001. Pemberian insentif Ketua RT ini untuk menghargai kerja 24 jam para ketua RT, sebagai ujung tombak pemerintahan. Setelah itu, gagasan ini kemudian diikuti oleh daerah-daerah lainnya di Indonesia . setelah melakukan studi banding ke Samarinda, termasuk Jokowi setelah menjadi Gubernur Jakarta. Di Samarinda, kakak saya bersama pengurus Kerukunan Warga Bantaran (KWB) Sungai Karang Mumus,juga terlibat aktif memperjuangkan pemindahan warga ke Sambutan dan Bengkuring,dengan mendapatkan perggantian rumah gratis type 36 dan uang santunan Rp 7 juta per KK. Ada beberapa lagi perjuangan yang dilakukan kakak saya.

Atas dorongan keluarga, sahabat kakak saya bersedia dan maju menjadi Caleg untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat yang lebih besar, khususnya masyarakat Kutai Kartanegara, Kutai Barat dan Mahakam Ulu serta masyarakat Kutai Pesisir. Saya berharap saudara dan sahabat-sahabat yang memiliki hak pilih tidak golput. Saya juga khawatir, bila saudara-sahabat Golput, maka suara saudara akan dimanfaatkan caleg lain,

Maka dengan kerendahan hati,sayamohon doa dan dukungan untuk kakak saya kepada saudara, sahabat semua untuk sudilah memilih,(dengan ucapan bismillahi) mencoblos Surat Suara warna biru (Untuk Provinsi Kaltim dan mencoblos hanya 1 kali agar suara tetap sah) pada tanggal 9 April 2014 nanti untuk Caleg provinsi Kaltim;Partai NasDem (Nasional Demokrat) nomor urut 5 H. AKHMAD ZAILANI S.Pi Daerah Pemilihan IV KUKAR-KUBAR (kertas suara warna biru). Cara mencoblosnya hanya 1 kali coblos, bisa di nomor urut 5 atau di nama H. Akhmad Zailani S.Pi___ Menurut saya, tiada kata terlambat untuk menyodorkan Caleg yang kami anggap baik, yang tujuannya tentu saja untuk berkiprah membangun daerah dan mengupayakan kesejahteraan masyarakat melalui program-program yang berpihak kepada masyarakat.Saya juga mohon bantuan saudara dan teman-teman lainnya untuk menyampaikan rekam jejak caleg ini kepada keluarga dan teman-teman lainnya yang ada di wilayah Kutai Pesisir, Kutai Kartanegara, Kutai Barat dan kabupaten Mahakam Ulu, yang mempunyai hak pilih untuk mencoblos pada tanggal 9 April 2014 nanti. Suara kita sangat berharga, dan terlalu rendah nilainya bila kita menjualnya kepada oknum Caleg lainnya, yang menikmati keuntungan selama 5 tahun menjabat. Sekali lagi, saya harap saudara dan sahabat bisa menentukan pilihan (untuk tidak golput); 5 menit di TPS untuk 5 tahun masa depan Kaltim yang lebih baik.

Demikianlah harapan saya, atas doa, dukungan dan pilihan saudara dan sahabat semua sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih. Mohon maaf bila ada kata dan kalimat saya yang salah (karena sesungguhnya manusia tempat salah/khilaf dan kesempurnaan hanya milik Allah SWT)Wassalammu alaikum warahmatulahi wabarakatuh.

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun