Mohon tunggu...
ERNIA TIAN FAUZIAH
ERNIA TIAN FAUZIAH Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya adalah guru di SDN 1 PUCANGANAK, Trenggalek Jawa Timur. Saya adalah pribadi yang suka membaca terutama buku yang berkaitan dengan pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.1

21 April 2023   05:40 Diperbarui: 21 April 2023   05:43 383
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamu'alaikum wr.wb.

Saya Ernia Tian Fauziah Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Kabupaten Trenggalek. Pada jurnal dwi mingguan ini,  saya menulis refleksi saya mengenai dampak dari kegiatan pelatihan yang sudah saya lalui dan harapan saya ke depannya, khususnya pada modul 3.1 tentang Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan sebagai Pemimpin. Dalam menulis jurnal refleksi kali ini saya  berpedoman pada model Segitiga Refleksi  yang memuat poin-poin sebagai berikut :

1. Setelah pembelajaran minggu ini saya akhirnya memahami bahwa:

a. saya menemukan solusi/ jawaban dari kasus yang saya tuliskan pada "Mulai Dari Diri"

b.dua jenis kasus dalam pengambilan keputusan yaitu kasus jenis delima etika dan kasus jenis bujukan moral . Suatu kasus dikatakan dilema etika jika dalam situasi itu harus memilih antara dua pilihan di mana kedua pilihan secara moral benar tetapi bertentangan, sedangkan pada bujukan moral merupakan situasi yang terjadi ketika seseorang harus membuat keputusan antara benar atau salah

c.keputusan yang kita ambil harus berdasar pada 3 unsur yaitu berpihak pada murid, berdasarkan nilai-nilai kebajikan universal serta bertanggung jawab terhadap segala konsekuensi dari keputusan yang diambil..

d. dalam pengambilan dan pengujian keputusan baik itu dilema etika maupun bujukan moral perlu menerapkan 9 langkah yang terdiri dari mengenali nilai-nilai yang saling bertentangan; menentukan siapa yang terlibat dalam situasi ini; mengumpulkan fakta-fakta yang relevan dengan situasi ini;; pengujian benar atau salah ; . pengujian paradigma benar lawan benar ; melakukan prinsip resolusi ; inverstigasi opsi trilemma; buat keputusan serta lihat lagi keputusan dan refleksikan.

 

2. pembelajaran minggu ini akhirnya saya mampu untuk:

a. mengidentifikasi kasus berdasarkan paradigma pengambilan keputusan diantaranya:

1) Individu lawan kelompok (individual vs community)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun