Mohon tunggu...
Erni Nainggolan
Erni Nainggolan Mohon Tunggu... Lainnya - Pendidik

Mengajar dan mendidik dengan ketulusan hati

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Penggunaan Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Vocabulary Bahasa Inggris Siswa

14 Juli 2024   09:31 Diperbarui: 14 Juli 2024   09:37 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Salah satu tugas dosen dan mahasiswa adalah melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat atau yang lebih dikenal dengan sebutan PkM. Kegiatan PkM merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, selain pengajaran dan penelitian. Kegiatan pengabdian ini memberikan pendekatan antara pihak kampus dengan lingkungan sekitar dengan baik. Memberikan ilmu dan pengalaman yang dimiliki oleh civitas akademika sesuai dengan bidang keilmuannya.

Masyarakat atau para peserta didik untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) masih rentan dengan pendidikan bahasa Inggris. Mengingat Pendidikan bahasa Inggris untuk tingkat Sekolah Dasar apalagi di Sekolah Dasar Negeri tidak menjadi mata pelajaran wajib. Padahal untuk mempelajari bahasa Inggris di mulai dari Pendidikan dasar atau usia dini. Pengenalan dasar tersebut pada dasarnya yaitu tentang kosa kata (vocabulary). 

Bagaimana mengenalkan vocabulary kepada anak usia dini? Tentunya tidaklah mudah karena membutuhkan strategi atau metode dalam pengajarannya. Tantangan tersebut disambut oleh kami dari Tim PkM Program studi Sastra Inggris Universitas Pamulang. Tim ini terdiri dari dua dosen dan sepuluh mahasiswa/I yang memberikan pelatihan dan pengajaran bagi siswa-siswi kelas 1 dan 2 SDN Cirendue 02 Tangerang Selatan, terlaksana pada tanggal 24-26 April 2024.

Tim PkM menggunakan media flashcard sebagai alat bantu untuk mengenalkan kosakata bahasa Inggris terhadap siswa-siswi di SDN Cirendeu 02. Flash card adalah kartu kecil yang berisi gambar, teks, atau tanda simbol yang mengingatkan atau mengarahkan siswa kepada sesuatu yang berhubungan dengan gambar (Arsyad, 2022). 

Kasihani & Suyanto (2007) menambahkan Flash card adalah media pembelajaran dalam bentuk kartu bergambar yang berukuran kertas HVS. Gambar-gambarnya dibuat dengan tangan, foto, atau memanfaatkan gambar atau foto yang sudah ada ditempelkan pada lembaran-lembaran flash card. Media ini merupakan media pembelajaran yang dapat membantu dalam meningkatkan berbagai aspek seperti: mengembangkan daya ingat, melatih kemandirian dan meningkatkan jumlah kosa kata (Hotimah, 2010; Inggrida, 2015; Safitri, 2018).

Adapun kegiatan PkM ini terdiri dari beberapa tahapan, yaitu; 1) Memperkenalkan permainan Flash card kepada siswa; 2) Memberikan penjelasan tentang bagaimana cara menggunakan flash card dengan menggunakan metode fun learning, collaborative learning dan constructive learning; 3) Memberikan penjelasan tentang perbendaharaan kata- kata yang di dalam flashcard; 4) Memberikan contoh bagaimana pelafalan dalam Bahasa Inggris; 5) Menerapkan permainan flashcard dalam proses pembelajaran dikelas untuk mengetahui pemahaman siswa kelas 1 dan 2 SD tentang pembelajaran flashcard dan menentukan siapa pemenangnya ; 6) Dan keberlanjutan program ini dengan melakukan evaluasi guru dalam menerapkan pembelajaran flashcard di kelas agar pembelajaran tersebut menjadi lebih baik tentunya.

Hasil dari kegiatan PkM ini tentunya berdampak positif vagi siswa-siswi SDN Cirendeu 02 Tangerang Selatan setelah melalui beberapa proses. Meningkatnya minat belajar vocabulary (kosakata) bahasa Inggris pada siswa SDN Cirendeu 02. Meningkatnya nilai test akhir tentang vocabulary bahasa Inggris setelah diadakannya PkM. Dapat disimpulkan, mediapengajaran bahasa Inggris dengan menggunakan flashcard terbukti dapat meningkatkan kemampuan vocabulary bahasa Inggris serta dapat meningkatkan minat belajar pada siswa.

                                                                            

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun