Jika berbicara soal jual beli, tentunya kita semua pernah melakukan transaksi tersebut. Mulai dari kita sebagai penjual hingga pembeli, kita seharusnya sepakat bahwa dibalik transaksi yang terjadi perlu adanya teknik marketing agar barang menarik untuk dibeli.Â
Sebagai penjual, perlu pintar-pintar dalam mengelola apa saja yang harus diucapkan. Karena terkadang para pembeli hanya memiliki waktu yang singkat untuk mendengar apa yang kita jual.
Maka ada yang dinamakan elevator pitch, yakni sebuah metode dimana seseorang menawarkan produk mereka kurang lebih 1-5 menit (dianalogikan sebagai lamanya orang mengobrol di elevator/lift).Â
Dalam waktu yang singkat tersebut, seseorang bisa saja berhasil melakukan transaksi jika menguasai elevator pitch. Atau setidaknya, calon pembeli tertarik untuk tahu lebih dalam mengenai apa yang ditawarkan oleh penjual.
Elevator Pitch memiliki peran yang krusial, oleh karena itu kita harus bisa mempersiapkanya sebaik mungkin. 1-5 menit adalah waktu yang singkat, maka didalam pesan yang disampaikan harus melibatkan pembeli secara utuh. Penjual harus menciptakan rasa urgensi bagi pembeli, dilengkapi dengan data se-menarik mungkin menambah calon pembeli lebih tertarik akan produk.
Apa value yang anda bawa?
Karena waktu yang singkat, kita harus bisa membuat urgensi lebih bagi apa yang kita jual. Disitulah kita harus memberikan SOLUSI. Solusi muncul ketika kita menjabarkan masalah yang ada. Berilah contoh mengenai apa yang sedang sulit di masyarakat, dan jelaskan mendetail apa yang anda prioritaskan.
Mengapa saya harus punya?
Pertanyaan tersebut pasti akan muncul dalam benak calon pembeli. Kita sebagai penjual tentu harus menyesuaikan pasar dari produk yang dijual. Jika memang pasarnya adalah usia 18-30 tahun, maka lebih baik jangan tawarkan kepada usia yang lanjut.
Jelaskan keunggulan utama produkmu
Setelah membuat urgensi dan solusi, baru kita wajib menjelaskan apa yang cocok untuk mengatasi masalah yang tadi dijelaskan. Dari situ, calon pembeli secara tidak langsung masuk kedalam narasi yag kita buat dan membuat kemungkinan untuk membeli apa yang ditawarkan.