Mohon tunggu...
Erna NurvitaSari
Erna NurvitaSari Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswi

“ Hidup adalah pilihan, apapun yang membuatmu sedih maka tinggalkan. Dan apapun yang membuatmu bahagia maka pertahankan”

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Filsafat Pendidikan (Aliran, Tokoh-tokoh,dan Pemikiran Kunci Tokoh Filsafat Pendidikan)

25 Maret 2020   09:16 Diperbarui: 15 Juni 2021   12:18 4992
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Assalamualikum Wr.Wb 

Disini saya akan menjelaskan beberapa aliran filsafat pendidikan, tokoh-tokoh aliran pendidikan serta pemikiran kunci tokoh filsafat pendidikan. 

1) Aliran Filsafat Pendidikan 

Disini aliran filsafat pendidikan di bagi menjadi 3 yaitu: 

a. Aliran Filsafat Idealisme, yaitu sebuah aliran yang tertua dan dipelopori oleh Plato. Pada aliran ini didasarkan pada kebenaran yang ada dan dapat untuk dirasakan. 

Jadi idealisme merupakan suatu aliran filsafat pendidikan yang menyatakan bahwa suatu hal yang bersifat benar dan pengetahuan berasal dari sebuah ide, yang dimana ide tersebut akan bersifat tetap. 

Baca juga : Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Filsafat Pendidikan

b. Aliran Filsafat Esensialisme, aliran ini berdiri atas dua aliran yaitu idealisme yang didasari pemikiran plato dan realisme yang di dasari pemikiran oleh Aristoteles. Aliran ini muncul pada zaman renaissance. Pada aliran ini lebih mengutamakan kebudayaan atau nilai-nilai yang ada sejak zaman dahulu. 

c. Aliran Perenialisme,yaitu berasal dari kata perennial yang artinya abadi atau fana. Aliran ini berpegang teguh pada nilai-nilai yang bersifat abadi. Atau bisa disebut dengan aliran yang hanya melihat secara substansial. Contohnya: bertindak secara kriminal dan tidak peduli siapapun yang melakukannya. 

2) Tokoh-tokoh Filsafat Pendidikan  

-Plato yaitu merupakan filosofi yunani yang mengembangkan filsafat. Ia merupakan filusuf yang aktif dalam mengembangkan filsafat dengan mendirikan sebuah sekolah. Ia juga berpandangan bahwa ide merupakan hakikat segala yang ada. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun