Teori Belajar Sosial yang dikemukakan oleh Albert Bandura adalah salah satu teori psikologi yang menjelaskan bagaimana individu belajar melalui pengamatan terhadap lingkungan sosialnya. Teori ini menekankan bahwa pembelajaran tidak hanya terjadi melalui pengalaman langsung, tetapi juga melalui observasi terhadap perilaku orang lain dan konsekuensi yang dihasilkan dari perilaku tersebut.
Konsep Utama Teori Belajar Sosial
1. Observational Learning (Pembelajaran melalui Observasi)
Bandura percaya bahwa seseorang dapat belajar dengan mengamati perilaku orang lain tanpa harus mengalami langsung. Proses ini melibatkan pengamatan terhadap:
Modeling: Proses meniru perilaku yang diamati dari orang lain.
Identifikasi: Ketika seseorang merasa terhubung atau memiliki kesamaan dengan model yang diamati.
2. Komponen Proses Observasi
Untuk mempelajari sesuatu melalui observasi, ada empat langkah utama yang harus terjadi:
-Perhatian (Attention): Individu harus memusatkan perhatian pada model.
-Retensi (Retention): Individu harus mampu mengingat perilaku yang diamati.
-Reproduksi (Reproduction): Individu mencoba meniru perilaku yang telah diamati.